Kompas.com - 14/11/2022, 21:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan kunjungan wisatwan pada tahun 2022 ini melebihi tahun 2019.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo menjelaskan, kunjungan wisatawan ke DIY pada triwulan kedua tahun 2022 ini sudah mencapai 4 juta lebih dan masih ada satu semester yang belum selesai perhitungannya.

"Pada tahun 2019 mencapai 6 juta kunjungan. Tahun ini masih ada satu semester yang belum masuk hitungan, bisa menyamai sebelum pandemi," kata Singgih kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Jelang Diserbu Wisatawan Saat Nataru, Pemda DIY Antisipasi Covid dan Inflasi

Singgih menambahkan, Dispar DIY saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan jumlah belanja wisatawan mendekati sebelum pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi Covid-19 jumlah belanja wisatawan di DIY untuk wisatawan domestik sebesar Rp 2,7 juta sedangkan wisatwan mancanegara RP 7 sampai 8 juta.

"Kalau spending wisatwan wmmang tahun sebelum pandemi Rp 2,7 juta orang per kunjungan itu domestik kalau manca Rp 7-8 juta, kita sedang adakan kajian belum final hitung-hitungan bisa Rp 2,4 juta. Kita tunggu kajian resminya," ujar dia.

Kawasan Pantai Wediombo, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul

Dia menambahkan dengan meningkatkan jumlah belanja wisatwan dapat mendongkrak kualitas wisata di DIY.

"Spending yang kita dorong supaya quality tourism tercipta di situ. Orang ke Jogja tidak terlalu banyak, tetapi kalau spending tinggi, maka dapat mendongkrak ekonomi," ujar dia.

Antisipasi Covid-19 dan inflasi jelang Nataru

Sebelumnya, Jelang libur Natal dan Tahun baru (Nataru) Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siapkan antusipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19, dan kemungkinan terjadinya inflasi.

"Kita kembali sosialisasi pencegahan dan protokol kesehatan harus dilaksanakan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Tren Reservasi Hotel di DIY Sisi Barat Naik berkat Bandara YIA

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.