Kompas.com - 15/11/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah maskapai penerbangan asal China akan segera melayani penerbangan langsung ke Indonesia, tepatnya ke Jakarta dan Bali.

"Saya ingin umumkan akan ada penerbangan langsung dari Tiongkok ke Indonesia yang akan menghubungkan destinasi-destinasi di Indonesia, Jakarta dan Bali dengan beberapa kota yang menjadi andalan pariwisata di Tiongkok," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing secara daring, Selasa (15/11/2022).

Baca juga:

Adapun nama maskapai yang sedang dalam proses membuka kembali penerbangan langsung ke Indonesia dari beberapa kota di China, antara lain China Southern Airlines, China Eastern Airlines, dan Air China, ditambah maskapai asal Indonesia, Garuda Indonesia.

Menparekraf berharap, dengan adanya peluang tersebut, dapat memfasilitasi para wisatawan dari Negeri Tirai Bambu ini untuk berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: China Airlines Layani Rute Taiwan-Bali PP

Terlebih dengan pelonggaran syarat karantina oleh pemerintah China yang menjadi angin segar bagi pariwisata Indonesia. Sebagai informasi, pada tahun 2019, wisatawan China menduduki peringkat kedua dalam menyumbang kunjungan terbesar di Tanah Air.

"Tahun 2019, wisatawan Tiongkok berada di posisi kedua penyumbang wisman (wisatawan mancanegara) ke Indonesia, dua juta kunjungan. Hanya nomor dua di bawah Malaysia, sebesar 2,98 juta kunjungan," ujarnya.

Baca juga:

Sehubungan dengan itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga telah menetapkan target jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia untuk tahun 2023.

"Target untuk China tahun 2023, kami menargetkan sebesar, untuk target bawahnya 120.900 dan target atasnya 255.700 kunjungan," tambah Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Nia Niscaya.

Baca juga: Fasilitasi Pembayaran AliPay dan WeChat Pay, CIMB Niaga Permudah Wisatawan China untuk Bertransaksi di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.