Kompas.com - 15/11/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat bali saat menghadiri Jamuan Makan Malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, pada Selasa (15/11/2022).

Presiden dan Ibu Negara kompak mengenakan atasan berwarna hitam, serta bawahan bernuansa keunguan, dikutip dari Antara, Selasa.

Baca juga:

“Para pemimpin negara-negara G20, undangan, organisasi internasional, hadirin sekalian, terima kasih atas kehadirannya di Garuda Wisnu Kencana,” kata Presiden Jokowi sebelum memulai acara, dikutip dari laman setkab.go.id.

Adapun ikat kepala atau udeng yang dipakai oleh Jokowi bercorak senada dengan kainnya, ditambah kain berwarna hitam di bawahnya. Tidak lupa, tersemat hiasan keemasan di dada, ditambah keris dan alas kaki berwarna hitam.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Jumat (24/12/2021), pakaian adat bali (Payas Agung) untuk laki-laki umumnya terdiri dari beberapa elemen, di antaranya destar atau udeng, kampuh atau saput, dan keris.

Adapun sebilah keris ini biasanya berhiaskan batu mulia agar terkesan kuat dan mewah.

Baca juga:

Sementara itu, Ibu Negara Iriana mengenakan baju hitam dengan aksen keemasan, ditambah selendang dan hiasan keemasan di dada. 

Untuk diketahui, momen ini bukan kali pertama Jokowi mengenakan pakaian adat Bali.

Sebelumnya pada Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada 17 Agustus 2019, Presiden juga mengenakan baju adat Klungkung yang berwarna hitam dengan bawahan kain dan ikat kepala.

Baca juga: 6 Baju Adat Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI Setiap Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.