Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Minta Maskapai Indonesia Lebih Tepat Waktu

Kompas.com - 15/11/2022, 20:15 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini dua maskapai penerbangan Indonesia tengah menjadi sorotan sebab masuk daftar maskapai penerbangan terburuk di dunia tahun 2022, berdasarkan survei platform layanan perjalanan Bounce.

Salah satu aspek yang menjadi penilaian adalah ketepatan waktu. Menanggapi hal tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan bahwa ini menjadi PR (pekerjaan rumah) semua pihak.

Baca juga:

"Report (laporan) tentang maskapai terburuk di dunia ini adalah soal tingkat kedatangan dan ketepatan waktu, dan ini tentunya menjadi PR buat kita semua," ujar Menparekraf dalam Weekly Press Briefing yang berlangsung secara daring, Selasa (15/11/2022).

Maskapai Indonesia masuk daftar terburuk, Menparekraf: Jangan ikut menghujat 

Maskapai Indonesia diimbau untuk terus memperbaiki kinerja dan mempertahankan tingkat ketepatan waktu, serta mempersiapkan level ketepatan waktu yang terbaik.

"Saya ingin memberi semangat kepada seluruh pihak, saya kebetulan pengguna maskapai tersebut, dan saya ingin maskapai indonesia terus berjaya dan terus memperbaiki kinerja," ujar dia.

Baca juga: Alasan Maskapai Asal Indonesia Ini Peringkat 1 Terburuk di Dunia

Menurut dia, ketepatan waktu itu adalah hal yang mungkin dicapai, berkaca pada maskapai penerbangan Indonesia lainnya yang bahkan menduduki on-time performance terbaik di dunia.

"Jadi bukan tidak mungkin kita terus perbaiki dan bukan hanya ketepatan waktu tapi juga pelayanan, koordinasi, komunikasi intensif dan tentunya sop dengan semua pihak terkait," tuturnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak ikut menghujat walau maskapai tersebut masuk daftar terburuk di dunia. Hal ini salah satunya lantaran maskapai tersebut tetap melayani penumpang saat pandemi Covid-19 lalu.

Baca juga: Maskapai Indonesia Terburuk di Dunia, Bisa Hambat Pemulihan Pariwisata

"Saya berharap ini akan terus ditingkatkan, jangan patah semangat, jangan ikut menghujat maskapai kita karena mereka adalah aset bangsa," kata Sandiaga.

"Maskapai-maskapai ini justru menghadirkan solusi, saat kita Covid-19 kemarin, mereka masih tetap terbang meskipun dengan tingkat keterisian yang sangat rendah tapi mereka tetap memberikan pelayanan, jadi kita harus memberikan apresiasi," pungkasnya.

Baca juga: 10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu Se-Asia Pasifik 2021, Indonesia Termasuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com