Kompas.com - 16/11/2022, 07:34 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian acara Presidensi G20 secara tidak langsung turut meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya terkait MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) yang tengah berkembang pesat di DIY.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan, MICE dan wisata alam atau desa wisata sedang naik daun tahun ini. Keduanya berkembang karena adanya integrasi. Saat MICE digelar di DIY, peserta lalu diajak menikmati wisata alam serta dan wisata yang ada.

Baca juga:

"Wisatawan berbasis MICE dan festival ini men-trigger (memicu) datangnya wisatawan. MICE event yang dibalut dengan wisata budaya seperti ke desa wisata ini kan juga paduan budaya dan event kreatif," ujar Singgih, Selasa (14/11/2022).

"G20 kan juga termasuk MICE, belum lagi pada awal tahun mendatang kita ada ASEAN Tourism Forum (ATF) semakin meneguhkan sebagai MICE destination," imbuhnya.

Baca juga: Event Wisata Jadi Cara Pemkot Yogyakarta Tingkatkan Jumlah Turis

Walau saat ini MICE sedang naik daun di DIY, tetapi masih berada di bawah Bali dan Jakarta.  Kendati demikian, saat ini MICE sangat berdampak terhadap ekonomi kreatif di DIY.

Saat ini, dengan banyaknya acara digelar di DIY, Dinas Pariwisata DIY menargetkan kunjungan wisatawan seperti sebelum pandemi Covid-19, tepatnya pada tahun 2019, yang mencapai enam juta kunjungan wisatawan.

Baca juga: 9 Tempat Ngopi di Yogyakarta dengan Pemandangan yang Instagramable

Singgih menambahkan, yang terpenting bukanlah jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke DIY, tetapi jumlah belanja wisatawan yang diharapkan semakin meningkat atau mendekati sebelum pandemi.

"Kalau spending (pengeluaran) wisatawan memang tahun sebelum pandemi Rp 2,7 juta per kunjungan per orang itu domestik, kalau mancanegara Rp 7-8 juta. Kita ini adakan kajian belum final hitung-hitungan bisa Rp 2,4 kita tunggu kajian resminya," terangnya.

Baca juga: 9 Wisata Malam Yogyakarta yang Romantis dan Murah Meriah

Nantinya kajian tersebut akan berisi jumlah belanja wisatawan dari rangkaian acara Presidensi G20 di DIY.

"Itu termasuk di dalam spending wisatawan kita tunggu kajiannya," ujar dia.

Baca juga: 7 Pantai di Yogyakarta untuk Melihat Sunset

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.