Kompas.com - 16/11/2022, 09:16 WIB

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (16/11/2022) menjadi puncak kepulangan para pemimpin negara G20 dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sejumlah delegasi sudah pulang sejak kemarin, Selasa (15/11/2022), namun jumlahnya tidak banyak dibandingkan hari ini. Adapun rentang kepulangan delegasi adalah mulai kemarin hingga 22 November mendatang.

Baca juga: 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 

PT Angkasa Pura I memperkirakan, puncak kepulangan para pimpinan akan terjadi pada rentang waktu Pukul 14.00 Wita sampai 20.00 Wita dengan jumlah 16 penerbangan.

“Besok (Rabu) adalah puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara. Menangani kepulangan lebih kompleks karena jamnya berdekatan dibandingkan saat kedatangan. Untuk itu perlu dipersiapkan pengaturan penerbangan yang cermat,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (15/11/2022) malam.

Masyarakat dengan penerbangan reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai diimbau untuk memerhatikan jadwal penerbangan dan mengantisipasi keberangkatan pada jam-jam tersebut.

Baca juga: The Mulia Bali, Lokasi Pertemuan Biden dan Xi Jinping Jelang KTT G20

Sebab, pergerakan kepulangan pesawat VVIP memungkinkan terjadinya penyesuaian jadwal penerbangan pesawat, seperti keterlambatan atau delay yang berlaku bagi penerbangan reguler domestik maupun internasional.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan terbang menggunakan penerbangan reguler dari dan menuju Bali untuk segera melakukan pengecekan kembali jadwal penerbangannya kepada maskapai agar dapat melakukan antisipasi dan bisa terbang dengan lebih nyaman,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

Kemenhub juga mengimbau pihak operator bandara dan maskapai untuk proaktif dalam memberikan informasi sejelas mungkin kepada pelanggannya terkait perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, serta proses refund.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kelancaran lalu lintas bagi para delegasi yang hadir dan juga bagi masyarakat umum yang melakukan penerbangan dari dan ke Bali,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.