Kompas.com - 16/11/2022, 10:58 WIB

KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah pemimpin negara G20 melakukan penanaman mangrove bersama di kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (16/11/2022).

Terlihat para pemimpin negara G20 datang satu per satu ke kawasan Tahura dan disambut oleh Jokowi untuk masuk ke area tunggu.

Baca juga: Mengenal Tahura Ngurah Rai, Tempat Para Delegasi G20 Tanam Mangrove

Penanaman mangrove yang sedianya dilaksanakan pada Pukul 09.00 Wita mundur hingga pukul 11.00 Wita.

Berdasarkan pantauan siaran langsung di YouTube Kompas.com, para pemimpin negara terlihat kompak mengenakan atasan putih dan saling bercengkrama.

Melihat suasana yang begitu cair dan santai sepanjang kegiatan, rasanya tak berlebihan jika menyebut momen ini bak "healing" ala para pemimpin negara. Mengingat, situasi geopolitik dunia saat ini tengah memanas pula.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20 di GWK

Setelah semua pemimpin hadir, kegiatan ngobrol santai sambil menjelajahi hutan mangrove berlanjut.

Para pemimpin negara menyusuri jembatan kayu yang dikelilingi tanaman mangrove untuk menuju lokasi penanaman.

Beberapa pemimpin negara terlihat mengenakan topi untuk menghalau paparan sinar matahari yang mulai terik jelang tengah hari. Termasuk salah satunya Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengenakan topi dan kaca mata hitam.

Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022. Di sana, Presiden dan para pemimpin G20 melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove bersama serta berkeliling melihat langsung berbagai spesies mangrove yang ada di Tahura.BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022. Di sana, Presiden dan para pemimpin G20 melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove bersama serta berkeliling melihat langsung berbagai spesies mangrove yang ada di Tahura.

Sesampainya di area tengah atau lokasi penanaman mangrove, para pemimpin negara G20 diarahkan untuk menempati posisinya masing-masing.

Penanaman mangrove pun dimulai, masing-masing pemimpin negara memegang cangkul di tangan mereka.

Baca juga: 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 

Sesekali, terlihat mereka saling mengobrol dan tertawa, sebelum diminta bersiap untuk sesi foto bersama.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.