Kompas.com - 16/11/2022, 11:47 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (16/11/2022) merupakan puncak kepulangan para pemimpin negara G20 dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Bali, maupun tengah berada di Pulau Dewata, hendaknya memperhatikan sejumlah hal berikut.  

Baca juga: 3 Tarian Tradisional Sambut Pendamping Kepala Negara G20, Ada Tari Tortor

Adapun, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 13-17 November 2022. Kedatangan sederet pimpinan negara G20 mempengaruhi pengaturan lalu lintas di Bali. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan pemerintah pusat dan daerah telah mengantisipasi kunjungan para tamu negara tersebut. 

Baca juga: Hari Ini Puncak Kepulangan Delegasi G20, Penerbangan Reguler Antisipasi Delay

Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin negara-negara MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) di sela-sela pertemuan G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).Dokumentasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin negara-negara MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) di sela-sela pertemuan G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Misalnya, pengaturan lalu lintas di sekitar Nusa Dua dan tempat-tempat penyelenggaraan G20 dan aturan ganjil genap kendaraan roda empat.  

Selain itu, warga diimbau untuk bekerja dan belajar dari rumah khususnya pada lokasi yang dekat dengan tempat penyelenggaraan. 

“Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas pada hari-hari puncak acara KTT G20,” terangnya kepada Kompas.com (16/11/2022). 

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20 di GWK

1. Perhatikan jadwal penerbangan 

Tjok menuturkan wisatawan dari luar Bali maupun mancanegara yang menggunakan akomodasi penerbangan hendaknya memperhatikan jadwal penerbangan. 

Sebab, pesawat kenegaraan pastinya akan lalu lalang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada puncak kepulangan sejumlah pemimpin negara. 

Wisatawan hendaknya melihat jadwal penerbangan, misalnya ada imbauan dari maskapai tanggal sekian, jam sekian itu cek dulu. Kalau ada pengumuman mundur dulu, ya mundur karena masih ada perhelatan negara,” ujarnya. 

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20 di GWK

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bali dibuka untuk wisman mulai 14 Oktober 2021.Dok. PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bali dibuka untuk wisman mulai 14 Oktober 2021.

Sejumlah maskapai memang telah memberikan imbauan kepada penumpang yang hendak terbang ke Bali selama KTT G20. Misalnya, Lion Air Group dan Super Air Jet. 

Kedua maskapai mengimbau kepada calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan udara dari dan menuju Bali agar dapat melakukan pengaturan kembali rencana perjalanan udara. 

Jika ada penyesuaian jadwal terbang terbaru selama 13-17 November, maka pihak maskapai akan memberikan informasi kepada para penumpang terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Makna Motif Batik yang Dipakai Para Menteri Saat G20

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.