BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Biar Enggak Gampang Cranky, Terapkan Tip Liburan Akhir Tahun Bersama Remaja Ini

Kompas.com - 16/11/2022, 12:35 WIB

KOMPAS.com – Berlibur bersama remaja, termasuk pada momen liburan akhir tahun, tidak akan semudah ketika mereka berada pada usia anak-anak.

Orangtua harus lebih banyak memberi pengertian dan menambah kesabaran ketika menghadapi remaja yang tengah mengalami pubertas. Pasalnya, usia remaja dianggap sebagai puncak perkembangan emosional.

Pada masa tersebut, mulai timbul emosi-emosi baru pada anak yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Kondisi ini terkadang membuat emosi remaja tidak stabil. Mereka pun cenderung sensitif dan mudah marah (cranky).

Fase itu juga merupakan masa sulit bagi anak remaja. Di satu sisi, mereka masih bergantung pada keluarga. Di sisi lain, remaja ingin mandiri dan berada di dunia mereka sendiri.

Untuk menjembatani hal tersebut serta menciptakan suasana liburan akhir tahun yang nyaman dan menyenangkan bersama remaja, orangtua harus memperhatikan sejumlah hal. Berikut adalah ulasannya seperti dirangkum dari The Washington Post, Kamis (12/5/2022).

1. Diskusikan rencana perjalanan bersama

Seiring pertambahan usia, minat dan kesukaan anak pun berubah. Saat beranjak remaja, mereka biasanya menyukai aktivitas yang lebih menantang dan tempat wisata kekinian.

Oleh sebab itu, sebaiknya libatkan mereka untuk membuat rencana perjalanan atau itinerari selama liburan. Umumnya, mereka akan lebih kooperatif jika pendapat mereka didengar dan dipertimbangkan.

2. Pahami pola tidur

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), remaja membutuhkan waktu tidur selama 8-9 jam setiap hari atau sekitar 1-2 jam lebih lama jika dibandingkan orang dewasa.

Tanpa waktu tidur yang cukup, agenda liburan akhir tahun bisa berantakan. Pasalnya, remaja akan mudah mengantuk di siang hari, hilang fokus, dan marah.

Untuk menyiasati hal itu, orangtua sebaiknya tidak membuat agenda terlalu malam atau pagi. Kemudian, jangan memaksakan perjalanan jika mereka dalam kondisi mengantuk.

3. Berikan waktu bebas

Pada usia remaja, seseorang biasanya mulai merasa bisa mandiri. Mereka pun menciptakan ruang dan waktu untuk mereka sendiri (personal space) tanpa campur tangan orangtua.

Saat liburan akhir tahun, berikan waktu agar mereka bisa menikmati kesibukan sendiri. Sebagian di antara mereka mungkin memilih untuk sekadar bermalas-malasan di kamar, bermain gim, mengunjungi tempat, atau mencoba hal baru tanpa orangtua.

Baca juga: Ingin Wisata Musim Semi? Yuk Lihat Bunga-bunga Bermekaran Indah di 5 Negara Berikut!

Sebelum memberikan waktu bebas tersebut, orangtua juga perlu menyampaikan hal-hal yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, mereka juga akan semakin bertanggung jawab.

4. Fasilitasi kebutuhan

Pada era digital seperti saat ini, internet merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi remaja. Oleh sebab itu, pastikan tempat wisata atau penginapan memiliki fasilitas internet yang memadai.

Selain itu, orangtua juga sebaiknya memahami selera makan anak. Orang dewasa sering kali ingin menyelipkan liburan akhir tahun dengan wisata kuliner, untuk mencicipi hidangan baru.

Hal itu tidak berlaku bagi remaja. Mereka justru cenderung mengonsumsi makanan yang familier dimakan sehari-hari.

5. Beri reward

Untuk melengkapi liburan akhir tahun, orangtua juga bisa memberikan hadiah (reward) menarik kepada remaja, terutama jika mereka berhasil mencatatkan prestasi baik di sekolah.

Sebagai rekomendasi, orangtua bisa memberikan reward berupa barang yang telah lama menjadi wishlist atau sesuai dengan kegemaran mereka, misalnya fashion item kekinian New Frank & co.’s TinyTAN Special Collection.

Baca juga: Susah-susah Gampang, Berikut 5 Inspirasi Hadiah Ulang Tahun Unik untuk Remaja Perempuan

Perhiasan emas unik dari #Franknco yang cocok bagi remaja laki-laki dan perempuan itu, dibuat dari emas 18 karat yang bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Frank & co.?s TinyTAN Mismatch Earrings, New Frank & co.?s TinyTAN Special Collection. Frank & co. Frank & co.?s TinyTAN Mismatch Earrings, New Frank & co.?s TinyTAN Special Collection.

Perhiasan emas eksklusif tersebut digrafir dengan memanfaatkan teknologi Italia sehingga menghasilkan grafir yang presisi. Kemudian, Frank & co. juga menggunakan mirror finish guna memberikan pantulan emas yang mengilap pada koleksi tersebut.

Adapun New Frank & co.’s TinyTAN Special Collection merupakan karakter animasi TinyTAN yang terinspirasi dari anggota boyband asal Korea Selatan BTS, yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook.

Untuk diketahui, Frank & co. melengkapi item Frank & co.’s TinyTAN Special Collection yang telah ada sebelumnya pada Juni 2022, dengan kehadiran model perhiasan terbaru, berupa anting-anting berlainan bentuk (mismatch earrings), gelang serut (drawstring bracelet), dan liontin koleksi terbaru (new collection pendant).

Desain terbaru yang diluncurkan pada akhir September 2022 ini hadir untuk memenuhi animo masyarakat yang tinggi.

Baca juga: Serba-serbi Blue Sapphire, Perhiasan Mewah Simbol Kekekalan Cinta yang Dipakai Keluarga Kerajaan Inggris

Secara keseluruhan, Frank & co.’s TinyTAN Special Collection terdiri atas 7 kalung berlian, 7 gelang berlian, 7 kalung emas, 7 gelang emas kekinian, 7 gelang serut emas, 7 liontin emas terbaru, dan 7 anting-anting berlainan bentuk.

Sebagai bagian dari kampanye #NyatakanDenganFranknco, Frank & co.’s TinyTAN Special Collection juga mengampanyekan #NyatakanTinyTANdenganFranknco. Melalui kampanye ini, Frank & co. mengajak masyarakat untuk menyatakan perasaan dari dalam hati, sekaligus merayakan setiap momen dan harapan dengan orang-orang berharga dalam hidup.

Oleh sebab itu, Frank & co. secara konsisten menghadirkan produk perhiasan berlian (diamond jewellery) dan perhiasan emas (gold jewellery), baik perhiasan untuk laki-laki maupun perhiasan untuk perempuan. Perhiasan ini bisa dijadikan ide hadiah atau rekomendasi hadiah menarik kepada orang terkasih.

Konsumen Frank & co. bisa mendapatkan liontin berlian lewat promo Gift with Purchase. JULIANUS SOAN Konsumen Frank & co. bisa mendapatkan liontin berlian lewat promo Gift with Purchase.

Seluruh koleksi tersebut bisa didapatkan di gerai-gerai Frank & co. yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Pada akhir 2022, konsumen juga berkesempatan mendapatkan keuntungan berlipat. Lewat promo Gift with Purchase, konsumen bisa mendapatkan hadiah gratis berupa liontin berlian senilai Rp 7 jutaan untuk setiap pembelian perhiasan. Hadiah ini bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Informasi lengkap mengenai seluruh koleksi Frank & co. dan promo Gift with Purchase dapat kamu temukan pada laman resmi atau akun Instagram @franknco_id.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.