Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 19:30 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebun Raya Cibodas bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 100 kilometer (km) jika ditempuh dari Jakarta, dan 80 km jika ditempuh dari Kota Bandung.

Kawasan ini punya berbagai koleksi tumbuhan unik dan langka baik dari dalam maupun luar negeri, seperti aneka bunga anggrek yang menjadi Puspa Pesona, bunga kuku macan dari New Guinea, dan bunga bangkai khas Indonesia.

Baca juga:

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (12/3/2022) di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas ada beberapa taman tematik yang berisi kelompok tumbuhan berbeda.

Misalnya Taman Sakura yang memiliki lima jenis bunga aakura, yakni Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, dan Prinus sp.

Kemudian ada Taman Rhododendron yang diisi oleh bunga-bunga semak, atau kerap juga disebut azalea.

Baca juga:

Selanjutnya ada Taman Obat yang mempunyai ratusan jenis tanaman obat, Taman Lumut yang berbentuk seperti habitat lumut, dan Taman Liana yang mengoleksi tanaman rambat.

Berikutnya pengunjung juga bisa menemukan koleksi tanaman indoor (dalam ruangan) yang ada di Rumah Kaca, seperti anggrek, kaktus, dan tanaman sukulen. Rumah Kaca ini juga berfungsi sebagai tempat pembibitan.

Cara beli dan harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas per November 2022

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Harga tiket masuk untuk wisatawan nusantara dan mancanegara mulai dari Rp 15.550 pada hari biasa (Senin-Jumat), dan mulai Rp 25.500 pada akhir pekan dan libur nasional.

Kebun Raya Cibodas buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin-Jumat, serta pukul 07.00-16.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

Baca juga: 20 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Populer

"Untuk tiket bisa dibeli secara online di website kebunraya.id atau bisa beli langsung di Kebun Raya Cibodas-nya, bisa bayar tunai atau pakai Qris," kata General Manager Corporate Communications Kebun Raya Zaenal Arifin saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Ia menambahkan, harga tiket di atas sudah berlaku untuk anak yang tingginya di atas 80 sentimeter.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com