Kompas.com - 18/11/2022, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Mulai Kamis (17/11/2022), masyarakat sudah dapat melakukan pembelian tiket kereta api (KA) untuk jadwal keberangkatan hingga tahun depan, tepatnya Minggu (1/1/2023). 

Tiket KA dapat dibeli melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, dan seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

Baca juga: Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dibeli

"Sementara untuk pembelian tiket di stasiun baru dapat dilakukan mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022). 

Untuk diketahui, pemesanan tiket saat ini sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan atau H-45. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, tiket yang dijual adalah untuk masa angkutan liburan periode Kamis (22/12/2022)-Minggu (8/1/2023). 

Lebih dari 53.000 tiket kereta api sudah terjual

Sejak dibuka pemesanan H-45 mulai Senin (7/11/2022) lalu hingga Kamis (17/11/2022), sebanyak 53.500 tiket telah terjual untuk periode keberangkatan sesuai masa angkutan liburan.

Jumlah tersebut masih dapat bertambah mengingat pemesanan tiket masih berlangsung melalui penjualan online menyesuaikan ketentuan H-45.

Baca juga: Cara Mudah Ubah Jadwal atau Reschedule Tiket Kereta Api secara Online

Adapun beberapa tujuan favorit penumpang KA dari Gambir dan Pasarsenen di Jakarta, di antaranya  relasi Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung, dan Tegal.

Syarat naik kereta api 2022

PT KAI kembali mengingatkan untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan KA agar memenuhi persyaratan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 84 Tahun 2022 yang berlaku sejak Selasa (30/8/2022).

"Calon penumpang KA usia 18 tahun ke atas wajib sudah melakukan vaksin dosis ketiga atau booster, sementara calon pengguna usia 6-17 tahun wajib sudah vaksin dosis kedua," ujar Eva.

Ia melanjutkan, jika terdapat alasan medis penumpang tidak dapat melakukan vaksin, maka wajib menyertakan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Baca juga: Catat, Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Kereta Api

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.