Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Melukat di Bali, Bisa Wisata Spiritual

Kompas.com - 18/11/2022, 12:25 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak pilihan tempat wisata di Bali, salah satunya untuk wisata spiritual berupa ritual melukat, ritual pembersihan dan penyucian diri dengan air suci. 

Guru Besar Universitas Udayana I Gde Pitana menyampaikan, melukat bisa menjadi wisata spiritual yang dapat dilakukan oleh siapa pun karena ritual ini diyakini bermakna membersihkan jiwa dari hal-hal negatif, seperti kecemasan dan mimpi buruk.

Baca juga:

“Sejak dulu, masyarakat Bali sudah biasa melakukan ritual melukat ini. Lalu kemudian, wisata spiritual melukat menjadi ramai di kalangan wisatawan lima tahun terakhir,” kata Pitana, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

Pembersihan diri ini menggunakan air suci. Menurut dia, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan lokasi melukat, antara lain sungai, mata air, pura, laut, pancuran, dan air yang disucikan oleh pendeta Hindu di rumahnya.

Baca juga: Melukat dan Paket Wisata Spiritual Lainnya Diprediksi Makin Diminati

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali Tjok Bagus Pemayun memberikan beberapa rekomendasi tempat melukat di Bali bagi wisatawan.

"Ada beberapa tempat, Tampak Siring Gianyar, Air terjun di Sebatu Gianyar, Sudamala Bangli, Pancoran Solas di Bangli, dan Pura Tamba Waras Tabanan," kata Tjok Bagus kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022). 

Rekomendasi tempat melukat Bali

1. Pura Tirta Empul di Tampaksiring, Gianyar

Melukat di Pura Tirta Empul Bali. Airnya dipercaya sebagai air suci yang dapat membawa kesehatan dan kebaikanSHUTTERSTOCK/AUGUSTINE BIN JUMAT Melukat di Pura Tirta Empul Bali. Airnya dipercaya sebagai air suci yang dapat membawa kesehatan dan kebaikan

Pura Tirta Empul merupakan salah satu pura di Bali yang sering dikunjungi wisatawan. Pura ini dikenal sebagai tempat melukat, baik bagi wisatawan maupun warga setempat. 

Pura yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, ini terkenal karena memiliki banyak pancuran sebanyak 14 pancuran.

Baca juga: Cara dan Aturan Saat Melukat, Dilarang Bicara Sembarangan

Dilaporkan Kompas.com, Selasa (14/6/2022), Pura Tirta Empul dibuka bagi wisatawan setiap hari, pukul 08.00-18.00 Wita. Harga tiket masuk bagi wisatawan nusantara mulai Rp 30.000 untuk dewasa dan mulai Rp 25.000 untuk anak-anak.

Sebagai catatan, pengunjung bisa menyiapkan uang lebih untuk menyewa kain dan selendang yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kotak secara sukarela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com