Kompas.com - 18/11/2022, 15:28 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan menerapkan retribusi atau biaya masuk untuk pengunjung mulai Januari 2023. Sebelumnya retribusi ke tempat tersebut tidak ada alias gratis.

Tempat wisata tersebut yaitu Taman Air Mancur "Berjoget", Diorama Nusantara, Bale Panyawangan Purwakarta, Bale Indung Rahayu, Galeri Wayang, dan Taman Surawisesa. Keenamnya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih

"Retribusi tempat rekreasi dan olahraga merupakan salah satu jenis retribusi jasa usaha yang dipungut oleh pemerintah daerah pada saat memberikan pelayanan tempat tersebut kepada pribadi atau badan sebagai salah satu sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah)," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Acep Yulimulya, dikutip dari Antara, Jumat (18/11/2022).

Sebagai informasi, tarif masuk Taman Air Mancur akan terdiri dari dua kelas. Kelas satu seharga mulai Rp 15.000, sedangkan kelas dua seharga mulai Rp 10.000.

Baca juga:

Sementara itu, lima tempat wisata lainnya akan menerapkan biaya masuk yang sama yaitu mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 3.000 untuk pengunjung anak.

Acep mengatakan, tarif tersebut mengacu terhadap Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. 

Sipinter Berisi, layanan seputar pariwisata di Purwakarta

Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah mengembangkan layanan kepariwisataan berbasis teknologi bertajuk Sistem Informasi Pariwisata Purwakarta Terintegrasi (Sipinter Berisi). 

Sipinter Berisi bertujuan memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi soal pariwisata dan melengkapi aplikasi Sampurasun Purwakarta yang sudah ada.

Baca juga:

"Saat ini, semua informasi mengenai kepariwisataan di Purwakarta bisa diakses melalui alat khusus menyerupai smartphone besar yang disimpan di beberapa area publik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.