Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Raja Ampat Masuk 30 Tempat Wisata Terbaik Dunia Versi Lonely Planet

Kompas.com - 18/11/2022, 17:05 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comRaja Ampat menjadi salah satu tempat yang ditampilkan di dalam daftar 30 tempat wisata terbaik 2023 oleh laman perjalanan Lonely Planet.

Lonely Planet pada Selasa (15/11/2022) membuat daftar tempat wisata terbaik untuk dikunjungi pada 2023 berdasarkan lima kategori berbeda.

Baca juga: Raja Ampat Masuk 30 Tempat Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Raja Ampat termasuk dalam kategori tempat wisata terbaik untuk beristirahat bersama lima tempat lainnya yaitu Yordania, Dominika, Halkidiki, Jamaika, dan Malta.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, penghargaan membawa harapan akan kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia dilansir dari siaran pers Kemenparekraf.

Sandiaga juga mengatakan bahwa hal tersebut membuktikan tren global pariwisata yang telah berubah dari 3S lama yaitu sand, sun, dan sea (pasir, matahari, dan laut) menjadi 3S yang baru yaitu spirituality, serenity, dan sustainability (kerohanian, ketenangan, dan keberlanjutan).

Baca juga: 10 Kegiatan Wisata di Desa Arborek Raja Ampat, Diving di Dua Spot Keren

Baca juga: 5 Aturan di Desa Wisata Arborek Raja Ampat, Jangan Loncat dari Dermaga

“Raja Ampat adalah salah satu contoh destinasi yang lengkap 3S barunya," tutur Sandiaga, dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.

Ia juga menginfokan bahwa ada Desa Wisata Arborek yang berhasil dikembangkan dan menjadi proyek percontohan desa wisata, serta sukses menjadi destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Mengapa Raja Ampat Terpilih

Dilansir dari Lonely Planet, Raja Ampat merupakan salah satu kepulauan terindah di dunia karena memiliki pemandangan indah.

Raja Ampat terdiri dari pulau-pulau curam yang tertutup hutan, pantai berpasir putih halus, laguna tersembunyi, goa yang menyeramkan, pulau-pulau kecil berbentuk jamur, dan perairan yang jernih.

Raja Ampat menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan kayaking.kemenparekraf.go.id Raja Ampat menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan kayaking.

Selain itu, Raja Ampat juga memiliki jumlah satwa liar yang banyak mulai dari beberapa spesies burung cendrawasih, hingga keanekaragaman hayati di bawah laut yang menjadi daya Tarik bagi wisatawan yang hobi menyelam ataupun snorkeling.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Raja Ampat Bisa Dibeli di Desa Wisata Arborek

Hal tersebut membuat Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata terbaik jika kamu ingin beristirahat dan mendekatkan diri dengan diri sendiri, pasangan, keluarga, atau dengan dunia sekitar.

Raja Ampat dinilai dapat menjadi destinasi wisata alternatif yang baik jika kamu bosan mengunjungi pulau di Indonesia yang lebih mainstream.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com