Kompas.com - 18/11/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 1 kilometer (km) dari Stasiun Pasar Minggu, tepatnya di Salihara Arts Center, Jakarta Selatan, berlangsung pameran dalam rangka mengenang 100 Tahun Chairil Anwar.

Siapa itu Chairil Anwar? Dirinya adalah seorang penyair sekaligus sastrawan fenomenal di Tanah Air.

Pameran bertajuk "Aku Berkisar Antara Mereka" ini diselenggarakan oleh Komunitas Salihara sejak 28 Oktober 2022 dan masih bisa dikunjungi masyarakat umum sampai 4 Desember 2022.

Baca juga: Patung Chairil Anwar Lengkapi Rumah Budaya Fadli Zon

"Ada sekitar 300 arsip terkait Chairil Anwar. Setelah kita potong (seleksi), 50 persen untuk dipamerkan di sini," kata Kurator Komunitas Salihara, Asikin Hasan kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Ia melanjutkan, kurasi perlu dilakukan karena ada banyak sekali karya Chairil Anwar yang sebagian besar dari PDS (Pusat Dokumentasi Sastra) HB Jassin.

Chairil Anwar yang berumur pendek

Untuk diketahui, Chairil Anwar adalah seorang seniman besar Indonesia yang wafat pada usia muda, yakni usia 27 tahun.

"Rentang berkarya nya mulai dari usia 20 tahun sampai 27 tahun, pendek sekali. Meski dalam waktu singkat tersebut, Chairil Anwar mampu membuat karya-karya besar, salah satunya 'Aku' yang paling fenomenal," jelas Asikin.

Baca juga: 21 Karya Jadi Pemenang Kompetisi Fotografi Taman Safari Indonesia 2022

Secara umum, area pameran tidak begitu luas, sebab hanya ada di satu ruangan saja yang didominasi oleh warna putih.

Di sini, arsip dikelompokkan dalam beberapa bagian. Mulai dari Linimasa Hidup Chairil Anwar, buku-buku yang memuat karya Chairil Anwar dan biografinya, hingga seputar polemik plagiarisme yang pernah melanda perjalanan kariernya.

Pameran 100 Tahun Chairil Anwar: Aku Berkisar Antara Mereka..KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMALUNGSONG Pameran 100 Tahun Chairil Anwar: Aku Berkisar Antara Mereka..

Pengunjung juga bisa melihat biografi dan karya para sastrawan asing yang diidolakan oleh Chairil Anwar semasa hidupnya, sekaligus menjadi kiblat inspirasi sang seniman. Contohnya, ada dua orang penyair asal Belanda, yakni Hendrik Marsman dan Jan Jacob Slauerhoff.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.