Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Dekat Stadion Al Bayt, Tempat Pertandingan Perdana Piala Dunia 2022 Qatar

Kompas.com - 19/11/2022, 19:07 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertandingan perdana Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Minggu (20/11/2022) pukul 23.00 WIB di Stadion Al Bayt yang memiliki kapasitas 60.000 penonton.

Pertandingan yang akan dimainkan di Kota Al Khor tersebut akan menampilkan tim nasional (timnas) tuan rumah Qatar melawan timnas Ekuador.

Jika kamu berencana nonton langsung opening Piala Dunia 2022 Qatar dan sedang menunggu pertandingan, kunjungi dulu 4 wisata dekat Stadion Al Bayt berikut ini:

1. Ain Hleetan Well

Ain Hleetan Well adalah sebuah sumur yang terletak di Al Khor, Qatar. Sumur tersebut memiliki bentuk silinder dan terbuat dari kerikil, tanah liat, dan turap.

Ain Hleetan Well yang berada di Al Khor, QatarDok. qm.org.qa Ain Hleetan Well yang berada di Al Khor, Qatar

Dilansir laman Qatar Museums, sumur ini dulu ditutup untuk menghentikan aliran air agar dapat dilakukan pembersihan dan pemeliharaan rutin. Sekarang sumur ini dipelihara dan dipantau oleh tim konservasi arsitektural di Qatar.

Baca juga: Mengintip Fan Village Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Area Nobar

Tempat ini berjarak lima kilometer dari Stadion Al Bayt dan dapat dicapai menggunakan kendaraan bermotor selama delapan menit.

2. Al Bayt Stadium Park

Tepat di luar Stadion Al Bayt, kamu dapat menemukan Al Bayt Stadium Park. Taman ini diresmikan pada Februari 2020 dalam rangka Hari Olahraga di Qatar.

Al Bayt Stadium Park yang berada di sebelah Stadion Al BaytDok. Shutterstock.com / Fauzan Fitria Al Bayt Stadium Park yang berada di sebelah Stadion Al Bayt

Dilansir dari AS (03/05/2021), taman ini memiliki ukuran yang setara dengan 30 lapangan sepak bola.

Taman dilengkapi fasilitas trek berlari, jalur untuk bersepeda, area untuk berkuda dan area bermain untuk segala umur.

Baca juga: Mengenal 5 Kota di Qatar yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Di tengah-tengah taman juga terdapat danau buatan serta pepohonan dengan spesies berbeda-beda. Taman ini terbuka untuk umum dan dapat diakses secara gratis.

3. Pantai Al Thakhira

Pantai Al Thakhira yang terletak di Al Thakhira, Al Khor, Qatar. Pantai ini menjadi tempat di mana cagar alam hutan bakau terbesar dan tertua di Qatar berada.

Pantai Al Thakhira yang terletak di Al Thakhira, Al Khor, QatarDok. visitqatar.com Pantai Al Thakhira yang terletak di Al Thakhira, Al Khor, Qatar

Dilansir dari situs Visit Qatar, pantai ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Mereka dapat berjemur matahari sekaligus berpiknik.

Pengunjung juga dapat menyewa kayak untuk menjelajahi perairan di Al Thakhira yang mengalir di antara gugusan hutan bakau.

Baca juga: Qatar Cabut Syarat Tes Covid-19 Sebelum Kedatangan Jelang Piala Dunia 2022

Untuk mencapai pantai ini dari Stadion Al Bayt, kamu dapat menempuh perjalanan sejauh 12,4 kilometer selama kurang lebih 17 menit menggunakan kendaraan bermotor.

4. Pulau Bin Ghannam

Selanjutnya, ada Pulau Bin Ghannam yang terletak di lokasi terlindung di dalam Teluk Khor Al Shaqiq.

Pulau Bin Ghannam yang terletak di dalam Teluk Khor Al ShaqiqDok. qm.org.qa Pulau Bin Ghannam yang terletak di dalam Teluk Khor Al Shaqiq

Dikutip dari laman Qatar Museums, pulau ini dulu digunakan sebagai tempat transit, tempat perkemahan sementara untuk berdagang dengan Bahrain, serta digunakan oleh nelayan dan penyelam mutiara sejak awal abad ke-2 sebelum masehi.

Pulau ini juga sempat menjadi tempat produksi pewarna merah-ungu yang berasal dari kerang.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Baru di Qatar yang Akan Dibuka Jelang Piala Dunia 2022

Tempat ini kaya akan warisan alam seperti hutan bakau, ikan kecil, kepiting, dan burung yang bermigrasi ke sana seperti flamingo dan bangau selama musim dingin bulan November hingga Februari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com