Kompas.com - 19/11/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com – Festival Balon digelar di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Acara serupa dengan yang pernah digelar di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini berlangsung pada Sabtu sampai Minggu (19-20 November 2022).

Festival Balon ini diadakan di Lapangan Ngargoyoso, Kemuning, depan SD Negeri 3 Kemuning.

Baca juga: Harga Paket River Tubing Senatah Adventure Ngargoyoso di Lereng Barat Lawu

Namun pada hari pertama festival, Sabtu (19/11/2022), balon udara tidak bisa mengudara karena cuaca buruk pagi itu.

Kompas.com sempat berada di lokasi festival. Balon belum bisa terbang hingga lebih dari pukul 09.00 WIB. Padahal, festival dijadwalkan mulai pada pukul 06.00 WIB.

Cuaca buruk di Kemuning

Pagi itu, cuaca memang kurang baik. Kabut tebal dan awan mendung tampak menggantung di atas puncak Gunung Lawu yang tepat berada di sisi timur Desa Kemuning.

Cuaca memang sudah kurang bersahabat sejak malam harinya. Bahkan, hujan masih sempat turun pada pagi hari.

Baca juga: Wisata Karanganyar Tak Hanya Tawangmangu, Ada Pula Ngargoyoso

Akibatnya, angin dari puncak gunung sesekali berembus cukup kencang dan membuat balon udara tidak dimungkinkan untuk terbang.

Padahal, operator atau petugas yang menerbangkan balon udara didatangkan dari Wonosobo. Merekalah yang menerbangkan balon saat Festival Balon udara di Wonosobo pada momen libur lebaran 2022 lalu.

Suasana hari pertama Festival Balon Udara di Kemuning, Karanganyar yang gagal karena cuaca buruk, Sabtu (19/11/2022).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana hari pertama Festival Balon Udara di Kemuning, Karanganyar yang gagal karena cuaca buruk, Sabtu (19/11/2022).

“Kami harus mencoba sesuatu yang baru untuk menarik wisatawan ke Kemuning, salah satunya dengan Festival Balon seperti ini,” kata ketua panitia Festival Balon bernama Eko Wuryanto kepada Kompas.com di Lapangan Kemuning, Sabtu.

Ia melanjutkan bahwa ternyata mencoba hal baru tidaklah mudah karena ada kendala cuaca buruk seperti itu.

Baca juga: Rute ke Destinasi Wisata Ngargoyoso, Haya 30 Menit dari Alun-alun Karanganyar

“Semoga besok pagi (hari kedua Festival Balon di Kemuning) cuaca bersahabat, sehingga balon bisa terbang,” lanjut Yanto (sapaan Eko Wuryanto).

Menurut Yanto, angin biasanya akan bersahabat saat cuaca cerah. Saat musim hujan, cuaca cerah lebih memungkinkan terjadi pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.