Kompas.com - 20/11/2022, 19:04 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Pesta sepak bola, Piala Dunia 2022 dimulai pada hari ini, Minggu (20/11/2022). Qatar menjadi tuan rumah turnamen sepak bola internasional empat tahunan tersebut. 

Qatar merupakan negara maju yang berada di semenajung kecil di Jazirah Arab, Asia Barat. Negara yang berbatasan dengan dengan Arab Saudi dan Teluk Persia ini, memiliki kota-kota yang megah. 

Baca juga: 4 Wisata Dekat Stadion Al Bayt, Tempat Pertandingan Perdana Piala Dunia 2022 Qatar

Qatar menjelma menjadi kota megapolitan berkat pemasukan utama negara itu yaitu gas alam dan minyak bumi. Selain kekayaan alam, negara di Timur Tengah ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik. 

Wisata ikonik Qatar

Kompas.com telah merangkum delapan wisata ikonik Qatar. Destinasi tersebut bisa dikunjungi oleh para penonton Piala Dunia 2022 yang menyaksikan pertandingan langsung di stadion-stadion Qatar.

1. Souq Waqif

Souq Waqif merupakan pasar tradisional di ibu kota Qatar, Doha. Melansir dari Visit Souq Waqif, pasar ini dipugar pada 2004 dengan tetap melestarikan gaya pasar tradisional Qatar. 

Wisatawan yang berkunjung bisa mencari beragam cinderamata khas Qatar, mulai dari kain, rempah-rempah, parfum, dan sebagainya. 

Selain belanja oleh-oleh, wisatawan juga bisa mencicipi kuliner khas Qatar di kafe dan restoran yang berada di Souq Waqif. 

Baca juga: Mengenal 5 Kota di Qatar yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Souq Waqif QatarDok. https://visitqatar.com/ Souq Waqif Qatar

2. National Museum of Qatar 

Museum kebanggan Qatar ini memiliki arsitektur bangunan yang unik. Mengutip dari laman National Museum of Qatar, desain bangunan museum terinspirasi dari fenomena mawar gurun yang dapat ditemukan di Qatar. Bentuknya menyerupai krital di atas tanah. 

Sang arsitektur adalah Jean Nouvel menuturkan, mawar gurun tersebut melambangkan bahwa Qatar memiliki hubungan yang mendalam dengan padang pasir, flora dan fauna, orang nomaden, dan tradisi yang panjang. 

Selain arsitektur yang unik, pengunjung bisa menemui beragam ruang galeri yang memukau, auditorium berkapasitas 220 kursi, dua restoran, kafe, dan forum makanan tradisional.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Penerbangan ke Qatar Melonjak

National Museum of QatarDok. https://nmoq.org.qa/ National Museum of Qatar

3. Museum Kesenian Islam foto https://mia.org.qa/en/about-us/

The Museum of Islamic Art (MIA) atau Museum Kesenian Islam menyimpan salah satu koleksi seni Islam terlengkap di dunia. 

Melansir dari laman The Museum of Islamic Art, museum yang berada di Doha ini memiliki mahakarya dari seluruh penjuru dunia yang mewakili keragaman warisan Islam.

MIA juga menampilkan koleksi secara daring. Lebih dari 400 koleksi dipamerkan antara lain berbentuk logam, keramik, perhiasan, kayu, tekstil, koin, kaca, dan sebagainya.

The Museum of Islamic Art (MIA) QatarDok. https://mia.org.qa/ The Museum of Islamic Art (MIA) Qatar

4. Khor Al Adaid

Khor Al Adaid merupakan pantai yang berada di Qatar bagian tenggara. Namun, pantai ini cukup unik karena terhubung langsung dengan gurun pasir. 

Melansir dari situs Visit Qatar, terdapat berbagai jenis ikan, burung, dan unggas yang bisa ditemukan di Khor Al Adaid.  

Baca juga: Qatar Tutup Perbatasan Mulai 1 November, Kecuali untuk Penonton Piala Dunia 2022

Khor Al Adaid qatarDok. https://visitqatar.com/ Khor Al Adaid qatar

Pada pagi hari, air laut mengalir ke gurun sehingga membentuk laut pedalaman. Sementara, pada malam hari air laut kembali surut. 

Apabila wisatawan berkunjung pada saat matahari terbenam, maka bisa melihat pemandangan indah bukit pasir yang secara ajaib berubah warna menjadi keemasan di bawah semburat matahari terbenam. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.