Kompas.com - 20/11/2022, 20:09 WIB

KOMPAS.comBandara Kertajati yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kini kembali melayani penerbangan untuk ibadah umrah.

Keputusan itu ditandai dengan berangkatnya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati pada Minggu (20/11/2022).

Adapun penerbangan umrah dari Bandara Kertajati itu menjadi pertama setelah pandemi Covid-19.

Baca juga: 6 Hotel Dekat Bandara Kertajati, Bisa Jadi Pilihan Tempat Menginap

Sebanyak 225 jemaah umrah yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka itu berangkat menggunakan Garuda Indonesia dari Bandara Kertajati langsung ke Jeddah, Arab Saudi.

Menurut Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektifitas Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah, masyarakat Majalengka dan sekitarnya kini tidak perlu jauh-jauh ke Bandara Soekarno Hatta jika ingin berangkat umrah.

“Fasilitas sarana dan prasarana di Bandara Kertajati tidak kalah lengkap dan luas. Jadi, mari kita manfaatkan keberadaan bandara ini dengan sebaik-baiknya,” kata Marida dalam keterangan pers yang Kompas.com terima, Minggu.

Bandara Kertajati terdampak Covid-19

Sebelumnya, Bandara Kertajati terkena dampak pandemi Covid-19. Pemerintah pun kini berupaya membangkitkan lagi bandara yang sebelumnya terdampak pandemi.

Salah satu upaya adalah melalui penerbangan umrah yang dimulai kembali dari Bandara Kertajati.

Baca juga: Bandara Kertajati Layani 4 Penerbangan Umrah November 2022

Upaya itu pun diharapkan menjadi langkah awal yang baik bagi pemulihan penerbangan di Bandara Kertajati.

Pelepasan jemaah umrah pertama setelah pandemi di Bandara Kertajati Majalengka.Dok. Kemenhub Pelepasan jemaah umrah pertama setelah pandemi di Bandara Kertajati Majalengka.

“Semoga antusiasme masyarakat yang ingin terbang dari Bandara Kertajati makin banyak, maskapai yang beroperasi bertambah dengan membuka rute penerbangan ke bandara lainnya,” kata Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Muhamad Singgih.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Alam Dekat Bandara Kertajati Masih Asri dan Asli

Ia melanjutkan, dengan demikian hal ini mampu mendukung pemulihan operasional penerbangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.