Kompas.com - 21/11/2022, 11:54 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Pulau Jumino yang berada di Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta, tutup untuk sementara. Penutupan tersebut berkaitan dengan kebutuhan investigasi kepolisian atas kejadian pembunuhan di tempat wisata itu.  

Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup tidak bisa menikmati panorama dari gardu pandang di puncak Pulau Jumino. Belum bisa dipastikan kapan lokasi tersebut akan kembali dibuka untuk umum, seperti dikutip dari Kompas.com (18/11/2022). 

Baca juga: Pulau di Pantai Kukup Gunungkidul Ditutup Sementara

Jalur pejalan kaki di Pantai Kukup di Gunungkidul, YogyakartaShutterstock/Ibenk_88 Jalur pejalan kaki di Pantai Kukup di Gunungkidul, Yogyakarta

Namun demikian, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Sebab, masih ada tempat wisata sekitar Pantai Kukup yang tidak kalah menarik. Bahkan, wisatawan bisa melihat panorama matahari terbenam (sunset) dari tempat wisata itu. 

Wisata dekat Pantai Kukup

Kompas.com telah merangkum tempat wisata sekitar Pantai Kukup yang bisa dikunjungi wisatawan sebagai berikut

1. Pantai Baron

Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, saat airnya coklat. Jumat (18/11/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, saat airnya coklat. Jumat (18/11/2022)

Pantai Baron berjarak sekitar 1,6 kilometer (km), dengan waktu tempuh 5 menit berkendara dari Pantai Kukup. 

Mengutip Kompas.com (22/4/2022), pantai ini terkenal sebagai habitat ikan sehingga banyak kapal-kapal nelayan berlabuh. Wisatawan bisa menemukan banyak olahan hasil laut di sekitar Pantai Baron. 

Pantai ini berbentuk U yang dikelilingi dengan tebing, sehingga ombaknya tidak terlalu besar. Pasir Pantai Baron berwarna coklat dengan air laut berwarna biru kehijauan. 

Tak jauh dari pantai, ada kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: Wisata ke Pantai Baron Gunungkidul, Jangan Kaget Saat Airnya Jadi Coklat

2. Pantai Sepanjang 

Pantai Sepanjang, Gunungkidul, YogyakartaDok. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/ Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai di wilayah Gunungkidul, berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Untuk menuju Pantai Sepanjang, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar 11 menit dari Pantai Kukup ke arah timur. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Tanjung sari, Kabupaten Gunungkidul. 

Keunikan Pantai Sepanjang adalah menawarkan keindahan Pantai Kuta tempo dulu. Hamparan pasir putih memanjang dari sisi barat ke timur dibatasi dengan perbukitan batu karang. 

Saat air laur surut, pengunjung dapat melihat habitat aneka biota laut yang tersembunyi di antara batu karang. Penduduk sekitar juga memanfaatkan air laut surut untuk mengambil rumput laut sebagai konsumsi pribadi maupun dijual menjadi produk olahan.

Baca juga: Musim Ubur-ubur Tiba, Ini 5 Tips Aman Bermain di Pantai Gunungkidul

3. Pantai Lolang

Pantai yang satu ini memang belum banyak dikenal wisatawan. Lokasinya terletak di sebelah barat Pantai Sepanjang, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, 

Meskipun belum familiar, namun keindahan Pantai Lolang tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Mengutip Tribun News Wiki, pantai ini memiliki pasir putih dan dikelilingi bukit-bukit karang.

Ketika air pantai surut, batu karang sekitar pantai akan terlihat. Selain batu karang, pantai ini juga memiliki cekungan bukit yang digunakan sebagai tempat berteduh. 

Baca juga: Wisata Pantai di Yogyakarta, Kunjungi Pantai-pantai Gunungkidul

4. Pantai Watu Kodok 

Pantai Watu Kodok Shutterstock Pantai Watu Kodok

Mengutip situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, nama watu kodok berarti batu katak. Asal nama ini adalah keberadaan dua tebing batu karang di sisi barat dan timur pantai yang bentuknya menyerupai katak. 

Jaraknya dari Pantai Kukup sekitar 3,1 km, dengan waktu tempuh sekitar 9 menit. Akses menuju Pantai Watu Kodok terbilang mudah, sebab jalannya sudah bagus. 

Pantai Watu Kodok memiliki garis pantai cukup panjang, mencapai 600 meter. Pantainya masih alami dengan pasir putih dan air laut biru. 

Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.