Kompas.com - 21/11/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 telah berlangsung di Qatar sejak Minggu (20/11/2022) hingga sekitar satu bulan ke depan, tepatnya pada Minggu (18/12/2022).

Dilansir dari BBC, Rabu (16/11/2022), Piala Dunia tahun ini merupakan Piala Dunia pertama sepanjang sejarah yang diadakan saat musim dingin.

Baca juga:

Sebab, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ajang sepak bola internasional tersebut umumnya digelar saat musim panas atau pada pertengahan tahun.

Lantas, mengapa Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung selama musim dingin yaitu November dan Desember?

Melindungi pemain dari sengatan panas

Piala Dunia 2022 diselenggarakan pada musim dingin, sekitar bulan November-Desember, demi kebaikan para pemain. Hal ini mengingat Qatar merupakan negara dengan iklim gurun dengan musim panas nan panjang.

Ketika musim panas, kira-kira dari Juli hingga Agustus, suhu rata-rata di Qatar bisa mencapai 37 derajat celsius bahkan lebih. Dikutip dari Metro.co.uk, Jumat (18/11/2022), kondisi tersebut dinilai terlalu panas untuk melangsungkan pertandingan sepak bola. 

Baca juga: 8 Wisata Ikonik Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022 

Sementara itu, suhu maksimum pada bulan November di Doha, ibu kota Qatar, adalah 30 derajat celsius, sedangkan dengan suhu minimumnya 20 derajat celsius.

Pada bulan Desember, suhu maksimum bisa menyentuh angka 25 derajat celsius, dengan suhu minimum 16 derajat celsius.

Baca juga: Profil 32 Negara Peserta Piala Dunia 2022

Maka dari itu, sejak 2015 lalu, FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) telah mengumumkan Piala Dunia 2022 akan digelar saat musim dingin agar para pemain tidak harus berlaga di tengah suhu tinggi selama musim panas di Qatar.

Suhu saat musim dingin tersebut dinilai cocok untuk mengadakan pertandingan sepak bola.

Di samping itu, pihak penyelenggara juga telah melengkapi setiap sudut stadion dengan AC dan unit pendingin udara guna memastikan kenyamanan bagi pemain dan penonton.

Baca juga: Mengenal 5 Kota di Qatar yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.