Kompas.com - 21/11/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) buka kembali untuk uji coba terbatas sejak Minggu (20/11/2022). Sebelum berkunjung, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar kunjungan semakin nyaman.

Sebagai informasi, wisata di Jakarta Timur ini akhirnya dapat dikunjungi pengunjung umum setelah revitalisasi pada Januari 2022. Mengusung konsep dan wajah baru, TMII kini mengantongi empat pilar, yaitu Inclusive, Green, Smart, and Culture

"Setelah revitalisasi TMII terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga:

Adapun beberapa sarana dan prasarana yang direvitalisasi di TMII, antara lain penataan area gedung utama serta renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno).

Ada pula renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, serta penataan lanskap danau Archipelago.

Tips ke TMII saat uji coba terbatas

Jika ingin berkunjung ke TMII selama masa uji coba, simak beberapa informasi yang bermanfaat berikut ini:

1. Pesan tiket online

Perlu diketahui, selama masa uji coba terbatas, TMII memberlakukan kuota kunjungan hanya 5.000 orang per hari. Pengunjung yang ingin masuk ke TMII harus melalui pengecekan tiket oleh para petugas yang berjaga di pintu 3. 

Pengunjung menghampiri odong-odong gratis yang disediakan pengelola TMII karena takut tidak kebagian tempat duduk. Pemandangan itu terlihat saat TMII dibuka kembali pada hari ini, Minggu (20/11/2022). Kompas.com/Annisa Ramadani Siregar Pengunjung menghampiri odong-odong gratis yang disediakan pengelola TMII karena takut tidak kebagian tempat duduk. Pemandangan itu terlihat saat TMII dibuka kembali pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Adapun tiket wajib dibeli secara online melalui laman resmi TMII, dengan harga tiket Rp 25.000 per orang. Untuk harga tiket parkir kendaraan juga dibayar melalui situs tersebut.

Sebagai catatan, jangan tiba-tiba datang ke TMII tanpa memiliki tiket di tangan atau baru akan membeli saat sudah tiba di tempat. 

Baca juga: TMII Kembali Buka Dengan Wajah Baru, Begini Cara Mendapatkan Tiketnya

Pasalnya, kuota tiket sangat cepat habis. Pengunjung bisa diminta putar balik meski sudah tiba, jika memang kuota harian sudah penuh.

2. Datang pagi atau sore hari

Dari pantauan Kompas.com pada hari pertama, pagi hari mulai pukul 06.00 WIB atau sore hari sekitar pukul 15.00 WIB merupakan waktu terbaik untuk datang ke TMII.

Sebab dari pukul 09.00 hingga siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, merupakan waktu pengunjung sedang banyak berdatangan.

Ini berpotensi membuat kepadatan sekaligus penumpukan di beberapa antrean wahana tertentu.  Menuju sore hari sekitar pukul 15.00 dan seterusnya, kunjungan relatif mulai sepi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.