Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Wisata ke TMII Selama Uji Coba Terbatas, Pesan Tiket Online

Kompas.com - 21/11/2022, 20:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) buka kembali untuk uji coba terbatas sejak Minggu (20/11/2022). Sebelum berkunjung, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar kunjungan semakin nyaman.

Sebagai informasi, wisata di Jakarta Timur ini akhirnya dapat dikunjungi pengunjung umum setelah revitalisasi pada Januari 2022. Mengusung konsep dan wajah baru, TMII kini mengantongi empat pilar, yaitu Inclusive, Green, Smart, and Culture

"Setelah revitalisasi TMII terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga:

Adapun beberapa sarana dan prasarana yang direvitalisasi di TMII, antara lain penataan area gedung utama serta renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno).

Ada pula renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, serta penataan lanskap danau Archipelago.

Tips ke TMII saat uji coba terbatas

Jika ingin berkunjung ke TMII selama masa uji coba, simak beberapa informasi yang bermanfaat berikut ini:

1. Pesan tiket online

Perlu diketahui, selama masa uji coba terbatas, TMII memberlakukan kuota kunjungan hanya 5.000 orang per hari. Pengunjung yang ingin masuk ke TMII harus melalui pengecekan tiket oleh para petugas yang berjaga di pintu 3. 

Pengunjung menghampiri odong-odong gratis yang disediakan pengelola TMII karena takut tidak kebagian tempat duduk. Pemandangan itu terlihat saat TMII dibuka kembali pada hari ini, Minggu (20/11/2022). Kompas.com/Annisa Ramadani Siregar Pengunjung menghampiri odong-odong gratis yang disediakan pengelola TMII karena takut tidak kebagian tempat duduk. Pemandangan itu terlihat saat TMII dibuka kembali pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Adapun tiket wajib dibeli secara online melalui laman resmi TMII, dengan harga tiket Rp 25.000 per orang. Untuk harga tiket parkir kendaraan juga dibayar melalui situs tersebut.

Sebagai catatan, jangan tiba-tiba datang ke TMII tanpa memiliki tiket di tangan atau baru akan membeli saat sudah tiba di tempat. 

Baca juga: TMII Kembali Buka Dengan Wajah Baru, Begini Cara Mendapatkan Tiketnya

Pasalnya, kuota tiket sangat cepat habis. Pengunjung bisa diminta putar balik meski sudah tiba, jika memang kuota harian sudah penuh.

2. Datang pagi atau sore hari

Dari pantauan Kompas.com pada hari pertama, pagi hari mulai pukul 06.00 WIB atau sore hari sekitar pukul 15.00 WIB merupakan waktu terbaik untuk datang ke TMII.

Sebab dari pukul 09.00 hingga siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, merupakan waktu pengunjung sedang banyak berdatangan.

Ini berpotensi membuat kepadatan sekaligus penumpukan di beberapa antrean wahana tertentu.  Menuju sore hari sekitar pukul 15.00 dan seterusnya, kunjungan relatif mulai sepi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com