Kompas.com - 22/11/2022, 16:10 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Naik pesawat saat hujan menimbulkan rasa khawatir bagi sebagian orang, utamanya berkaitan dengan keselamatan penerbangan. 

Pertanyaan seputar apakah aman naik pesawat saat hujan pun muncul di benak penumpang, khususnya mereka yang akan bepergian menggunakan pesawat. 

Baca juga: 2 Tindakan yang Harus Dilakukan jika Bagasi Nyasar Saat Naik Pesawat

Sebagai informasi, wilayah Indonesia tengah memasuki musim hujan, seperti prediksi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).  

Awal musim hujan di Indonesia diperkirakan terjadi pada September hingga November 2022, dengan puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Jika kamu hendak bepergian menggunakan pesawat pada musim hujan ini, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak panik selama perjalanan. 

Baca juga: 4 Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Check In Pesawat

Ilustrasi pesawat mendarat di malam hariPexels/Nguyen Hung Ilustrasi pesawat mendarat di malam hari

Apakah aman naik pesawat saat hujan

Ternyata, naik pesawat saat hujan tetap aman bagi penumpang, seperti dilansir Conde Nast Traveller. 

“(Pesawat) Aman untuk lepas landas saat hujan deras,” tulis Conde Nast Traveller, dikutip Kompas.com (22/11/2022). 

Apabila turun hujan, bukan berarti semua otomatis penerbangan batal. Buktinya, ribuan pesawat di seluruh dunia telah beroperasi menembus hujan tanpa peristiwa buruk yang terjadi. 

Baca juga: Check-in Pesawat, Berapa Jam Sebelum Berangkat? Ini Jawabannya

Perlu diketahui bahwa pesawat komersial memiliki aturan operasional ketat, termasuk kondisi di mana pesawat dapat lepas landas. Pengontrol lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC) tidak akan mengizinkan pesawat mengudara jika kondisinya berbahaya. 

Apabila kondisi cukup berisiko, penerbangan akan ditunda. Jadi, begitu pesawat lepas landas, dapat dipastikan kondisinya aman untuk mengudara, termasuk dalam kondisi hujan. 

Baca juga: Ketinggalan Pesawat karena Kelalaian Maskapai, Penumpang Dapat Kompensasi

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengudara di tengah hujan. 

Misalnya, penumpang harus bersiap jika pesawat sedikit berguncang saat mengudara di tengah hujan. Sebab, badan pesawat harus menembus awan, terutama jenis awan kumulonimbus. 

Namun, kondisi tersebut normal terjadi. Sama halnya ketika mengendarai mobil saat hujan, lalu kita menemukan lubang di jalan yang tertutup air. Saat mobil menghantam lubang jalan itu, guncangan tidak bisa dihindari. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.