Kompas.com - 22/11/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung 15-16 November 2022 di Bali, memberi dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi Pulau Dewata.

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan sejumlah dampak positif KTT G20.

Salah satu dampak positif terlihat dari meningkatnya okupansi hotel di kawasan Nusa Dua yang mencapai angka 70 persen.

Baca juga: 15 Tempat Hits di Bali yang Instagramable, Wisatawan Wajib Mampir 

"Perhelatan G20 memberi dampak positif bagi Bali, tingkat okupansi hotel naik di kawasan ITDC Nusa Dua, November 2022 mencapai 70 persen," kata Sandiaga saat sesi Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara online, Senin (22/11/2022).

Lebih lanjut, tren peningkatan okupansi hotel di Bali diprediksikan akan tetap tinggi, sejak musim libur Juni-Juli 2022, dan bertahan hingga Oktober.

Okupansi hotel di Bali diprediksi akan terus meningkat, terlebih akan memasuki periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: 12 Wisata di Bali Selatan Paling Terkenal hingga Mancanegara 

"Yang kita andalkan adalah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang makin meningkat yang rata-rata (angka kedatangannya) sudah mencapainya 24.000 per hari," ujar Sandiaga.

Kontribusi ekonomi KTT G20 capai Rp 7,4 triliun

Tidak hanya itu, Sandiaga juga memaparkan kontribusi ekonomi pelaksanaan KTT G20 terhadap perekonomian nasional.

Sejumlah istri kepala negara KTT G20 didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengikuti rangkaian Spouse Program di Bali.
MEDIA CENTER G20 via VOA INDONESIA Sejumlah istri kepala negara KTT G20 didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengikuti rangkaian Spouse Program di Bali.

Tercatat, kontribusi ekonomi event itu mencapai 533 juta dollar AS atau Rp 7,4 triliun, serta menyerap lebih dari 33.000 lapangan kerja baru.

Maka dari itu, ia mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Baca juga: 12 Wisata di Bali Selatan Paling Terkenal hingga Mancanegara 

"Ucapan syukur dan terima kasih kepada seluruh insan pariwsiata, baik di Bali maupun seluruh Indonesia, karena saling bersinergi mendukung suksesnya KTT G20," ucapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.