Kompas.com - 23/11/2022, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Pendakian Gunung Gede Pangrango di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tutup sementara sejak Selasa (22/11/2022) setelah terjadinya gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur pada Senin (21/11/2022).

"Ditutup sementara kegiatan pendakian dan wisata (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)," kata Humas Balai Besar Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Agus Deni, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa.

Baca juga:

Berdasarkan Surat Edaran (SE) 12/BBTNGGP/Tek.2/11/2022 tertanggal Selasa (22/11/2022), penutupan diterapkan di jalur pendakian dan wisata Air Terjun Cibeureum Cibodas sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan ini merujuk ke peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terkait gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Cianjur dengan magnitudo 5,6 Skala Richter pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Gempa ini berpotensi menimbulkan gempa susulan di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Baca juga:

"Maka dari itu, diimbau kepada para calon pendaki yang sudah melakukan pembayaran melalui proses booking online pada Selasa (22/11/2022) dan seterusnya, diminta untuk menjadwal ulang (reschedule) waktu pendakiannya," bunyi keterangan Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo dalam SE itu.

Sebagai informasi, calon pengunjung dan pendaki dapat menghubungi bagian pelayanan pendakian Balai Besar TNGGP melalui:

  • Layanan cepat tanggap BBTNGGP (call center): 08119155815
  • Telepon khusus pendakian: (0263) 2950977
  • WhatsAapp (hanya chat): 0263519415

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Hindari Mendaki Gunung Gede Pangrango pada Malam Hari

Kita semua turut berduka, atas apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di area gempa Cianjur. Mari bantu mereka dengan apapun kita mampu, bantuan doa dan donasi akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Uluran tangan Anda dapat disalurkan melalui link : bit.ly/bantukorbancianjur

#MariBersamaBerdonasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.