Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Wisata Kuningan Lengkap dari Alam hingga Situs Bersejarah 

Kompas.com - 23/11/2022, 22:29 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Wisata Kuningan beragam dari kekayaan alam hingga situs bersejarah. 

Sebagian wisata Kuningan sempat viral di media sosial karena keindahannya. Jika kamu tengah merencanakan liburan, cobalah mengunjungi obyek wisata di Kuningan, Jawa Barat. 

Baca juga: 10 Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat, Banyak yang Masih Asli

Wisata Kuningan Jawa Barat

Berikut wisata Kuningan, Jawa Barat mulai dari destinasi wisata alam hingga situs bersejarah seperti dirangkum oleh Kompas.com. 

1. Telaga Cicerem 

Telaga Cicerem sempat viral di media sosial karena keindahannya. Tak heran, telaga ini memiliki air biru dan dikelilingi pepohonan hijau. 

Selain itu, pengunjung bisa melihat aneka jenis ikan di pinggir telaga. Salah satu spot foto paling populer adalah ayunan di tengah danau. 

Lokasi Telaga Cicerem ini berada di Kaduela, Pasawahan, Kuningan. 

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Cirebon dan Kuningan, Ada Telaga Remis

Telaga Cicerem, KuninganDok. https://wonderfulimages.kemenparekraf.go.id Telaga Cicerem, Kuningan

2. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park adalah taman wisata air yang cocok dijadikan destinasi liburan bagi anak-anak.

Sebab, lokasi wisata ini menawarkan wahana air tanpa kaporit sehingga aman untuk anak-anak. Air di wahana The Mountain Recreation Park bersumber dari pegunungan karena berada di kawasan Gunung Keling 

Lokasinya berada di Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan Buka Lagi, Kuota Dibatasi 25 Persen

3. Woodland 

Obyek wisata ini cocok bagi pecinta tantangan. Sebab, Woodland menawarkan fasilitas outbound yang seru, seperti dikutip dari Kompas.com (11/2/2022). 

Daya tarik dari Woodland adalah jalan dari kayu yang terbentang di tengah hutan rimbun. Jalan tersebut sangat estetik, sehingga cocok untuk spot foto instagramable.

Lokasinya berada di Jalan Ragasakti Nomor 130, Setianegara,  Cilimus, Kuningan. 

Baca juga: Cara Reschedule Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan

4. Taman Wisata Alam Linggarjati 

Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan alam Kuningan yang indah. 

Selain itu, Taman Wisata Alam Linggarjati dilengkapi dengan sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, area outbond, berkuda, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Linggasan, Cilimus, Kuningan. Lokasi ini cocok untuk berwisata bersama keluarga. 

Taman Wisata Alam Linggarjati, KuninganWikimedia Commons Taman Wisata Alam Linggarjati, Kuningan

5. Ipukan 

Ipukan merupakan salah satu bumi perkemahan di Kabupaten Kuningan. Melansir Kompas.com (26/12/2017), bumi perkemahan ini menyajikan panorama Gunung Ciremai dan Kota Kuningan

Tak heran, Ipukan menjadi salah satu tempat favorit menyaksikan pemandangan matahari terbit di Kuningan. Pihak pengelola menyediakan fasilitas berkemah bagi yang membutuhkan. 

6. Pondok Pinus Palutungan 

Alternatif tempat wisata Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan. Pengunjung yang datang bisa menikmati aneka spot foto instagramable

Sebut saja, rumah warna-warni, gerbang yang didesain seperti di film-film fantasi, hingga rumah dengan balon yang terinspirasi dari film animasi Disney berjudul UP.

Baca juga: Kuningan Kembangkan Wisata Alam dan Kesenian Daerah

7. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah sebuah kawasan konservasi di Jawa Barat. Melansir situs Balai TNGC, Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi Jawa Barat, dengan puncak tertinggi 3078 mdpl. 

Lokasi ini sangat cocok bagi para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan Gunung Ciremai. Selama perjalanan, para pendaki akan menjumpai hutan asri, air terjun, kawah, serta kekayaan flora dan fauna. 

Tim Balai Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Kamis (25/8/2022)MUHAMAD SYAHRI ROMDHON / Dokumentasi BTNGC Tim Balai Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Kamis (25/8/2022)

8. Curug Sidomba

Curug Sidomba adalah salah satu air terjun yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. 

Curug ini memiliki ketinggian tiga meter serta dikelilingi dengan pepohonan rindang. Lokasi air terjun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, restoran,saung, dan sebagainya. 

Lokasinya berada di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. 

9. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan adalah bagian dari areal bekas HGU perkebunan PT Yunawati, seperti dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Kuningan

Lokaisnya berada di desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

Daya tarik Kebun Raya Kuningan adalah lokasinya berdampingan dengan TNGC sehingga memiliki membentuk bentang alam perbukitan yang indah. 

Selain itu, area sawah di sekitar kawasan menambah daya tarik Kebun Raya Kuningan sebagai obyek wisata. 

10. Taman Cisantana

Taman Cisantana dahulunya merupakan tempat menambang batu. Kini, tebing-tebing bekas tambang disulap menjadi latar foto yang instagramable dan unik.

Aneka pepohonan dan bunga melengkapi daya tarik Taman Cisantana. Tak heran, Taman Cisantana menjadi salah satu destinasi wisata di dataran tinggi Kuningan yang menjadi incaran wisatawan. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com