Kompas.com - 24/11/2022, 06:30 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Jika melintasi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) arah Bandar Lampung, mampir ke rest area Km 215 bisa menjadi pilihan.

Selain untuk beristirahat di tengah perjalanan, terdapat tenant Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tulang Bawang Barat yang menampilkan beragam produk UMKM dan bisa dijadikan opsi oleh-oleh.

Baca juga: 25 Tempat Wisata Alam Lampung yang Wajib Dikunjungi

Beberapa produk yang dipajang di etalase adalah pernak-pernik fesyen seperti dompet, tas tangan, totebag, dan peci.

Ada pula produk makanan, seperti keripik dan kopi bubuk.

"Betul, bisa jadi pilihan beli oleh-oleh," ujar Branch Manager (BM) Tol Terpeka Yoni Satyo ketika ditemui di rest area Km 215 Tol Terpeka, Sabtu (19/11/2022).

Salah satu yang ditonjolkan di tenant tersebut adalah kerajinan berbahan dasar bambu, termasuk tumbler atau tempat minum berbahan bambu.

Baca juga: 7 Wisata Alam Lampung Barat yang Wajib Dikunjungi

Untuk diketahui, kerajinan berbahan dasar bambu memang menjadi keunggulan Tulang Bawang Barat sebagai lokasi tempat rest area tersebut berdiri.

"Di (Km) 215 ini termasuk (daerah) Tulang Bawang Barat. Kerajinannya lebih ke bambu. Bisa dilihat ada gedeg, kerajinan-kerajinan berbahan dasar bambu, termasuk tumbler dari bambu," tutur Yoni.

Tenant Dekranasda Tulang Bawang Barat di rest area Km 215 Tol Terpeka, Tol Trans-Sumatra.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Tenant Dekranasda Tulang Bawang Barat di rest area Km 215 Tol Terpeka, Tol Trans-Sumatra.

Adapun kerja sama dengan Dekranasda menjadi salah satu upaya PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) untuk menjadikan rest area sebagai etalase kabupaten setempat yang menunjukkan kearifan lokal.

Baca juga: 10 Pantai Lampung yang Wajib Dikunjungi, Bisa Lihat Lumba-lumba Hingga Surfing

Saat ini, dari sembilan rest area di Tol Terpeka, tenant Dekranasda kabupaten baru dibuka di Km 215.

"Yang (sedang proses dibuka) rest area 208 dan empat rest area di Kabupaten OKI (Ogan Komering Ilir)," katanya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.