Kompas.com - 24/11/2022, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Pergelaran wayang topeng Malang bertajuk Umbul-Umbul Mojopuro dari Padepokan Seni Topeng Asmoro Bangun sukses digelar di Teater Kautaman, Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (20/11/2022). 

Pengunjung dari berbagai usia terlihat memadati kursi penonton di ruang teater, mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Baca juga:

Pergelaran wayang topeng Malang ini merupakan rangkaian program kegiatan yang diselenggarakan oleh Teater Wayang Indonesia (TWI), dirintis oleh Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi).

Tidak hanya kali ini, pergelaran wayang lainnya juga cukup rutin diadakan dalam rentang waktu tertentu. 

"Sebelum pandemi memang biasanya ada pergelaran tiap dua bulan sekali, tadi itu pergelaran ke-69 yang disiapkan dan dicetuskan oleh Sena Wangi," ujar penanggung jawab TWI Rini Hariyani kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga: Kisah Padepokan Wayang Topeng Asmorobangun, Melestarikan Kesenian Warisan Kerajaan Majapahit

Lebih lanjut ia menjelaskan, TWI merupakan program unggulan Sena Wangi, yang lebih fokus mengangkat mengenai wayang manusia atau orang. 

"Karena kalau yang wayang kulit atau golek itu sudah (dikelola) Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi)," ujar Rini. 

Wayang Topeng Malang Umbul-Umbul Mojopuro yang digelar di Teater Kautaman, Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022) sore.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wayang Topeng Malang Umbul-Umbul Mojopuro yang digelar di Teater Kautaman, Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022) sore.

Jika beberapa organisasi lain, misalnya Wayang Orang Bharata, juga rutin menggelar pertunjukan wayang orang dari pemain mereka sendiri, Rini menyampaikan bahwa TWI berupaya mewadahi wayang orang dari luar daerah untuk bisa tampil di Jakarta. 

Cara menonton pergelaran wayang di TMII

Bagi yang ingin menonton pergelaran wayang di TMII yang diselenggarakan oleh TWI, bisa mengecek informasi dan jadwal pertunjukannya secara berkala melalui media sosial. Salah satunya lewat Instagram Sena Wangi (@sena_wangi) atau TWI (@teaterwayangindonesia). 

Dihubungi terpisah, staf bidang umum TWI bernama Nindyaratri mengatakan, umumnya dalam setahun setidaknya ada minimal tiga kali pergelaran wayang yang dibawa oleh TWI. Pergelaran ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. 

Baca juga: TMII Buka Lagi, Ini Panduan dan Cara Beli Tiket

Calon penonton bisa menemukan informasi pergelaran wayang melalui media sosial, kemudian menghubungi kontak WhatsApp yang tertera di informasi tersebut. 

"Untuk wayang dari TWI, tergantung event-nya. Jika memang gratis maka akan ada link (tautan) formulir, tapi jika berbayar kami akan mengirim list seat (daftar kursi) yang tersedia dan harganya serta sistem pembayarannya," ujar Nindya. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.