Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Kepulauan Widi yang Akan Dilelang Lewat Situs Asing

Kompas.com - 24/11/2022, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara akan dilelang melalui situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS. 

Lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, yang tersebar di kawasan seluas 10.000 hektar akan dilelang, seperti dikutip dari Kompas.com (23/11/2022). 

Baca juga: Kepulauan Widi di Maluku Utara Akan Dilelang di Situs Lelang Asing

Proses lelang Kepulauan Widi akan dibuka pada 8 Desember 2022, pukul 04.00 EST, atau pukul 16.00 WIB. Adapun pelelangan akan berlangsung secara online hingga 14 Desember 2022.

Fakta Kepulauan Widi 

Nama Kepulauan Widi memang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Namun demikian, kepulauan ini menyimpan pesona yang tidak kalah menarik dari gugusan pulau lainnya. 

Berikut enam fakta Kepulauan Widi, seperti dirangkum Kompas.com

Baca juga: Soal Kepulauan Widi Dilelang, Jubir Luhut: Pulau Kecil di Indonesia Tidak Bisa Dimiliki oleh Pihak Manapun

1. Lokasi dan akses menuju Kepulauan Widi

Kepulauan Widi berada di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku utara. 

Mengutip Antara, akses menuju Kepulauan Widi memang masih terbatas. Wisatawan yang mengunjungi kepulauan ini harus beberapa kali berganti transportasi.

Wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Bastiong, Ternate menuju Saketa, Gane Barat menggunakan kapal laut. Lama perjalanan kurang lebih lima jam. 

Baca juga: 5 Tips Liburan ke Kepulauan Sula, Maluku Utara

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan transportasi darat melalui Desa Matuting Tanjung, Kecamatan Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan. Perjalanan jalur darat ini kurang lebih selama 1,5 jam. 

Selanjutnya, wisatawan harus kembali menyeberang menggunakan kapal nelayan sewaan menuju Kepulauan Widi. Waktu tempuh penyeberangan sekitar dua jam, barulah wisatawan sampai di lokasi.

Baca juga: Menyambangi Nusa yang Terserak di Halmahera Selatan

2. Jumlah pulau 

Kepulauan Widi terletak di sebelah tenggara Pulau Halmahera dan sebelah barat Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepulauan Widi memiliki dua gugusan pulau, salah satunya adalah gugusan Pulau Widi.

Secara keseluruhan, Kepulauan Widi terdiri dari 86 pulau, dimana 83 pulau tersebar di sekitar Kepulauan Widi dan 3 pulau di sekitar pesisir Halmahera Selatan. 

Kepulauan Widi juga memiliki dua atol atau pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna. 

Baca juga: Halmahera Selatan Andalkan Wisata Bahari

3. Kepulauan terindah di Maluku Utara 

Pulau-pulau di Kepulauan Widi memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Bahkan, Kepulauan Widi merupakan kepulauan terindah di Maluku Utara, seperti dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. 

Pulau-pulau di Kepulauan Widi memiliki hamparan pasir putih yang luas serta laut  jernih bagaikan kristal. Sementara, kekayaan dalam laut tak kalah menariknya. 

Baca juga: 5 Fakta Pulau Kucing di Indonesia yang Ada di Maluku Utara

Kepulauan Widi memiliki terumbu karang yang indah dan kaya dengan berbagai jenis ikan. Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut, sehingga menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling.

Tak hanya bagi wisatawan, Kepulauan Widi juga menjadi surga bagi para nelayan sebagai sumber mata pencaharian mereka lantaran potensi perikanan yang besar.

Baca juga: 5 Keindahan Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com