Kompas.com - 24/11/2022, 18:29 WIB

KOMPAS.com – Macetnya daerah Bukit Bintang, Patuk, Gunungkidul karena perbaikan jalan longsor, membuat beberapa orang mencari rute alternatif.

Termasuk bagi wisatawan yang hendak berwisata ke Gunungkidul, seperti pantai selatan. Biasanya, rute utama menuju pantai adalah lewat Patuk atau Bukit Bintang.

Ada beberapa jalur alternatif Yogyakarta-Gunungkidul yang bisa dilalui. Salah satu yang paling aman adalah via Imogiri-Mangunan-Dlingo-Playen-Wonosari.

Baca juga: 5 Wisata Yogyakarta yang Tidak Perlu Lewat Macetnya Bukit Bintang

Namun, ada pula jalan alternatif yang ekstrem, sehingga sebaiknya dihindari, yakni tanjakan Cinomati.

Rute ke Tanjakan Cinomati yang sebaiknya dihindari

Dikutip dari Kompas.com, Senin (7/11/2022), jalan ini menanjak terjal jika dari arah Kota Yogyakarta. Sebaliknya jika dari arah Gunungkidul, kondisinya menurun curam.

Kondisi itu membuat cukup banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak, sehingga rawan kecelakaan. Begitu pula saat turun, kondisinya membuat kendaraan rawan rem blong.

Tanjakan Cinomati berada di Kecamatan atau Kepanewon Pleret, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut Kompas.com infokan rute ke sana, sehingga kamu bisa menghindarinya:

Jika dari pertigaan Piyungan (dari arah Prambanan), menuju Tanjakan Cinomati adalah belok kanan. Adapun jalan utama ke Gunungkidul adalah belok kiri dari pertigaan ini.

Baca juga: 5 Wisata yang Dekat Titik Longsor Jalan Utama Yogyakarta-Gunungkidul

Di perempatan lampu merah pertama, belok kiri atau ke arah selatan. Ikuti jalan utama sampai Kecamatan Pleret.

Terus lurus sampai mentok di pertigaan (Jalan Segoroyoso). Belok kiri masuk ke Jalan Pleret-Pathuk.

Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo BantulKompas.com/Markus Yuwono Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul

Lurus terus ikuti jalan utama ke arah perbukitan, maka perjalananmu akan melewati Tanjakan Cinomati untuk sampai kawasan puncak bukit (Kecamatan Pathuk, Gunungkidul).

Jika kamu menggunakan Google Maps dan mencari jalan ke Gunungkidul selain lewat Bukit Bintang, maka jangan langsung ikuti.

Baca juga: Rute Alternatif Yogyakarta-Wonosari Tanpa Lewat Bukit Bintang yang Macet

Segera putar balik dan cari jalan lain via Imogiri jika perjalananmu diarahkan melalui Kepanewon atau Kecamatan Pleret, karena itu adalah jalur via Tanjakan Cinomati yang terjal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.