Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan Naik, Kalimantan Timur Siapkan Paket Wisata IKN

Kompas.com - 25/11/2022, 09:54 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menyiapkan paket wisata baru karena jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut mulai meningkat, sekaligus guna menyambut pindahnya ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Restiawan Baihaqi, salah satu tempat yang diminati adalah Titik Nol IKN Nusantara.

Baca juga:

"Titik Nol (IKN) Nusantara saat ini bukan menjadi obyek wisata, tapi menjadi magnet bagi wisatawan sehingga menjadi potensi besar bagi daerah sekelilingnya untuk mendapat imbas kunjungan," tutur Baihaqi, dikutip dari Antara, Kamis (24/11/2022).

Pada Mei 2022, tercatat hingga 18.000 pengunjung di Titik Nol IKN Nusantara dalam waktu delapan hari.

Meski saat ini tempat tersebut ditutup untuk pembangunan IKN, namun jumlah kunjungan diprediksi akan kembali tinggi bila sudah dibuka nantinya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sekitar Istana Negara di Kalimantan Timur

"Di sinilah momentum bagi Kalimantan Timur bersama kabupaten/kota untuk menjual paket wisata tersebut, karena sejumlah obyek wisata pendukung sudah ada, sehingga kami bersama pelaku pariwisata tinggal mengemas paket dan konektivitasnya," terangnya.

Tempat-tempat yang masuk paket wisata IKN Nusantara

Bagi pengunjung dari Samarinda dan sekitarnya, lanjut Baihaqi, nantinya bisa mengikuti paket wisata yang meliputi Taman Bengkirai, Goa Tapak Raja, IKN, dan sekitarnya.

Mereka juga bisa ke sejumlah tempat di Penajam dan lanjut ke Balikpapan.

Sementara itu, pengunjung dari Balikpapan akan dapat mengikuti paket wisata dengan rute sebaliknya atau tergantung minat mereka. Hal ini karena fokus utama adalah IKN.

Baca juga:

"Banyak obyek wisata di sekitar IKN yang akan tumbuh pesat, seperti Goa Tapak Raja di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku," tutur Baihaqi.

Menurutnya, gua tersebut merupakan tempat wisata alam dekat IKN yang sudah siap dan kerap dikunjungi wisatawan dan pegawai pemerintah.

Baca juga: Intip Fasilitas Kemah Jokowi di IKN, Ada Kamar Mandi dengan Shower

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com