Kompas.com - 25/11/2022, 10:40 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan kereta api (KA) baru Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang-Ketapang pergi-pulang (PP), guna memudahkan mobilitas masyarakat dari arah Semarang menuju Jember.

Terkait peluncuran tersebut, KAI menawarkan tarif promo KA Blambangan Ekspres mulai Rp 150.000, ditambah diskon untuk periode keberangkatan dari Kamis (2/12/2022) hingga Sabtu (18/12/2022).

Baca juga:

"Dapatkan tiket KA Blambangan Ekspres Kelas Eksekutif hanya Rp 250.000 dan Kelas Ekonomi hanya Rp 150.000," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

Tiket sudah dapat dipesan sejak Selasa (22/11/2022) melalui KAI Access, situs web kai.id, dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI. Kuota tiket promo untuk layanan ini pun terbatas.

Baca juga: Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh, Jangan Bingung

Adapun informasi lebih lanjut terkait KA Blambangan Ekspres ini bisa diperoleh dengan menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, e-mail cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Seputar KA Blambangan Ekspres, ada 440 kursi

KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat Kereta Eksekutif dan tiga Kereta Ekonomi, dengan total 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan.

Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 sampai 31 Desember 2022.

Baca juga:

KA Blambangan Ekspres keberangkatan Semarang ini akan berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang.

Sementara itu, KA Blambangan Ekspres keberangkatan Ketapang akan berhenti di stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang.

"KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya," tutur Joni.

Baca juga: Kereta Api Alami Keterlambatan, Penumpang Dapat Kompensasi?

Adapun penamaan KA Blambangan Ekspres berasal dari Kerajaan Blambangan, kerajaan Hindu yang berdiri pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi. Lokasinya ada di Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.