Kompas.com - 25/11/2022, 12:58 WIB

KOMPAS.com – Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) memiliki beragam tempat wisata, termasuk tempat wisata alam. 

Wisatawan bisa menemukan danau, taman, dan air terjun dengan beragam keunikannya. 

Baca juga:

Berikut rekomendasi tempat wisata alam di Jabodetabek yang dapat kamu kunjungi:

Rekomendasi tempat wisata alam di Jabodetabek

1. Curug Leuwi Hejo

Ilustrasi Curug Leuwi Hejo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Dok. Wikimedia Commons/Agus Supratman Ilustrasi Curug Leuwi Hejo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo terletak di Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Medang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus trekking sejauh kira-kira dua kilometer (km), dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Air terjun ini juga memiliki kolam sedalam 5-7 meter sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tempat free diving.

Baca juga: 7 Wisata Alam Sekitar Jakarta untuk Lari Sejenak dari Rutinitas

2. Taman Kota Waduk Pluit

Kondisi Taman Kota Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara Jumat (15/5/2015). Kompas.com/Tangguh Sipria Riang Kondisi Taman Kota Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara Jumat (15/5/2015).

Taman Kota Waduk Pluit berlokasi di Jalan Pluit Timur Raya, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Diresmikan sejak tahun 2013, taman ini menawarkan pemandangan Waduk Pluit.

Wisatawan bisa bersantai menikmati suasana dan berolahraga di tempat ini. Terdapat beragam fasilitas yang bisa digunakan, antara lain lintasan jogging, outdoor gym, dan lapangan basket, dikutip dari laman direktoripariwisata.id.

Baca juga: 4 Wisata Dekat Pantai Pasir Putih PIK 2, Ada Banyak Tempat Kulineran

3. Setu Babakan

Danau Setu Babakan yang belum bisa dikunjungi oleh wisatawan umum selama percobaan pembukaan kembali tempat wisata, Jakarta, Minggu (17/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Danau Setu Babakan yang belum bisa dikunjungi oleh wisatawan umum selama percobaan pembukaan kembali tempat wisata, Jakarta, Minggu (17/10/2021).

Setu Babakan merupakan bagian dari cagar budaya Betawi. Lokasinya di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan memiliki lahan seluas 165 hektar yang terdiri dari kebun rakyat, perkampungan masyarakat, dan danau yang mengapit perkampungan tersebut, dilansir dari Kompas.com  pada Rabu (18/05/2022).

Wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan wisata air di tempat ini, antara lain naik sepeda air, naik kano, dan memancing.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Ditemukan Saat Wisata ke Setu Babakan Jakarta

4. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru CisokaShutterstock Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka terletak di Jalan Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten.

Sesuai namanya, pengunjung bisa menikmati pemandangan danau, dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (12/9/2022). Mereka juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi danau.

Tempat ini beroperasi setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 per orang.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Tangerang, Cocok untuk Healing

5. Situ Cilodong

Situ Cilodonghttps://www.instagram.com/ulieeen_ Situ Cilodong

Beralih ke Depok, terdapat Situ Cilodong yang berada di Jalan Abdul Gani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kabupaten Depok, Jawa Barat.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan danau sambil berolahraga. Tersedia fasilitas sepeda bebek yang dapat disewa, dikutip dari Kompas.com, Minggu (2/10/2022).

Baca juga: 9 Tempat Wisata Alam di Depok, Bisa Santai di Tepi Danau

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.