Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 17:05 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur menuju Cianjur via Puncak Bogor sudah dibuka dan bisa dilalui kendaraan.

Sebelumnya, jalur sempat tertimbun longsor sebagai dampak gempa Cianjur berkekuatan 5,6 skala richter (SR) pada Senin (21/11/2022).

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (22/11/2022), Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, kendaraan dari kedua arah sudah bisa mengakses jalan tersebut.

Baca juga:

Namun, pengendara harus tetap diharuskan berhati-hati karena kondisi ruas jalan yang masih licin.

Jakarta-Bandung tetap diimbau lewat jalur Jonggol-Cariu

Meski jalur ke puncak sudah buka, pengendara yang mau ke Bandung masih diimbau agar lewat jalan alternatif Jonggol-Cariu.

"Bagi masyarakat yang mau ke Bandung diminta lewat Jonggol-Cariu," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Bogor Achmad Sofyan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Sedangkan untuk akses dari Jakarta menuju Puncak Bogor, sambung Sofyan, sudah seperti biasa, buka tutup menuju Puncak Cisarua.

Baca juga: Kondisi Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Pascagempa Cianjur

Sebelumnya, tebing setinggi 100 meter di Jalur Puncak Cianjur-Bogor, Jawa Barat, longsor dan memutus akses jalan di dua wilayah tersebut, Senin (21/11/2022). 

Jalan Raya Cugenang, Cianjur yang menjadi akses ke Cianjur via Puncak tertutup karena longsoran akibat gempa Cianjur. Arus Cianjur-Bandur dialihkan, Senin (21/11/2022).Tangkapan layar video viral Jalan Raya Cugenang, Cianjur yang menjadi akses ke Cianjur via Puncak tertutup karena longsoran akibat gempa Cianjur. Arus Cianjur-Bandur dialihkan, Senin (21/11/2022).

Peristiwa bencana tanah longsor itu terjadi tepatnya di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com