Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 16:25 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Pramugari beserta awak kabin lainnya bertemu dan melayani ratusan penumpang pesawat setiap hari. Dalam mengemban tugasnya itu, pramugari selalu berusaha bersikap ramah kepada penumpang.

Namun, ternyata ada beberapa tindakan penumpang yang membuat pramugari jengkel. Akan tetapi, pramugari tidak menunjukkan rasa kesal tersebut secara terang-terangan demi profesionalitas. 

Baca juga: 7 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Diketahui Penumpang 

Andy, seorang awak kabin menuturkan bahwa pramugari serta awak kabin lainnya juga kerap mengalami hal yang tidak menyenangkan selama perjalanan, sama seperti penumpang. 

Jadi, ia meminta para penumpang untuk menyampaikan secara baik-baik kepada awak kabin, apabila ada hal yang kurang menyenangkan dalam penerbangan. 

“Jika Anda menunjukkan sedikit rasa hormat kepada kami, maka kami akan dengan senang hati bekerja ekstra untuk Anda, dan membuat penerbangan Anda menjadi nyaman,” ujar Andy, dikutip dari Travel and Leisure

Baca juga: Pramugari Tertua dan Terlama di Dunia, Terbang hingga Usia 86 Tahun

Ilustrasi penumpang pesawatShutterstock Ilustrasi penumpang pesawat

Tindakan penumpang yang membuat pramugari jengkel

Berikut sepuluh tindakan penumpang yang membuat pramugari jengkel, seperti dilansir dari Travel and Leisure

1. Menyentuh pramugari tanpa izin 

Selama penerbangan, kerap kali penumpang membutuhkan bantuan dari pramugari. Namun, sampaikan permintaan tersebut secara sopan dengan memanggil pramugari lebih dulu. 

Sebaliknya, hindari meminta bantuan dengan langsung menyentuh bagian tubuh pramugari  tanpa izin mereka. 

“Menyentuh bagian mana pun dari tubuh saya untuk mendapatkan perhatian, tolong jangan lakukan,” ujar seorang pramugari yang tidak disebutkan namanya di forum Reddit. 

“Jangan sentuh kami. Kami mempunyai nama, atau panggilan nona dan ucapan permisi akan lebih baik (daripada menyentuh),” kata pramugari lainnya. 

Baca juga: Mengintip Isi Kelas Merias Pramugari Singapore Airlines

2. Minta air minum tepat setelah boarding

Proses take off pesawat bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian penumpang. Oleh sebab itu, beberapa penumpang meminta air minum kepada pramugari tepat setelah boarding untuk menenangkan diri, sebelum take off. 

Namun, ternyata tindakan tersebut justru membuat pramugari kesal. Pasalnya, pramugari memiliki sejumlah tugas seperti memastikan penumpang telah menggunakan sabuk pengaman sebelum take off. 

“Jika Anda perlu minum obat, persiapkan diri dan siapkan air minum sebelum masuk ke pesawat. Penumpang tidak menyadari bahwa kami hanya memiliki beberapa menit untuk memastikan semua orang duduk dan memasang sabuk pengaman sehingga kami dapat menutup pintu pesawat,” terang salah satu awak kabin. 

Baca juga: Beragam Latihan Pramugari Pesawat, Belajar Rias hingga Situasi Darurat

Ilustrasi pesawat.UNSPLASH/PASCAL MEIER Ilustrasi pesawat.

3. Menggunakan toilet di waktu tidak tepat 

Buang hajat memang tidak bisa diprediksi. Namun, sebaiknya upayakan menunda ke toilet pesawat pada waktu yang tidak tepat lantaran bisa membuat pramugari kesal. 

Misalnya, saat pramugari membagikan makanan dan minuman kepada para penumpang. Sebab, berdesakan dalam lorong pesawat sempit sembari membagikan makanan cukup menyulitkan pramugari.   

“Saya benci ketika penumpang melihat saya di lorong pesawat dan masih memilih untuk bangun ke toilet, kemudian melewati sembari mendorong saya menuju toilet,” kata seorang pramugari dalam forum Reddit. 

Baca juga: Pramugari Sarankan Penumpang Pakai Baju Ini di Pesawat

ilustrasi toilet pesawatShutterstock/Rafael Ben-Ari ilustrasi toilet pesawat

4. Sering menekan bel panggilan 

Pramugari ternyata sangat membenci penumpang yang sering menekan bel panggilan. 

Sebaiknya, penumpang yang membutuhkan bantuan cukup menekan bel satu kali kemudian menunggu kedatangan kru pesawat ke kursinya. 

5. Meminta jadwal penerbangan

Memastikan penumpang mendapatkan penerbangan lanjutan  merupakan tugas penting pramugari. Namun, jangan berharap pramugari mengetahui setiap detail jadwal penerbangan. 

Utamanya, saat penerbangan lanjutan tertunda. Sebab, pramugari hanya sebatas mengetahui informasi tersebut, tanpa kewenangan pengaturan penerbangan lebih lanjut. 

"Kami mengetahui tentang penundaan penerbangan, namun kami tidak dapat mengontrol koneksi,” ujar salah satu awak kabin dalam forum Reddit.

Baca juga: Saran Pramugari, Jangan Gunakan Benda Ini di Dalam Toilet

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+