Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 10:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Bank Central Asia TBK (BCA) melakukan acara seremonial penanaman pohon durian di kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa (29/11/2022). 

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk implementasi BCA dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Ada sekitar 1000 pohon durian yang akan ditanam bersama masyarakat setempat," kata Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn saat membuka acara seremonial tanam pohon di area kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Selasa (29/11/2022). 

Hera mengatakan inisiasi penanaman pohon di wilayah Gunung Sasak bertujuan untuk mendukung konservasi kawasan pegunungan Sasak sebagai habitat pendukung utama kehidupan di wilayah tersebut.

Dalam hal ini dapat berdampak pada pengurangan emisi karbon, pemulihan alam, serta pengaturan iklim. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa penanaman pohon durian di kaki gunung sasak diharapkan nantinya akan memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi dan ekologi masyarakat di Gunung Sasak.

Menurut Hera, pohon durian sudah dapat menghasilkan buah saat usia delapan tahun, sehingga diharapkan buah tersebut dapat berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat setempat. 

Penanaman pohon tersebut juga dilakukan sebagai bagian dari gerakan "BCA Go Bi6 5tep", yaitu inisiasi menanam 18 ribu pohon di sejumlah lokasi di Tanah air dalam rangka mewujudkan lingkungan yang hijau dan mendukung gerakan Net Zero Emission. 

Sementara dari sisi ekologi, Hera mengatakan pohon durian yang ditanam saat ini akan memberikan manfaat besar terhadap lingkungan pada 20 tahun mendatang.

Baca juga:

Ilustrasi tanaman durianShutterstock/ME Image Ilustrasi tanaman durian

"Pohon durian bisa menyerap karbon dioksida sebanyak 1,42 ton. Hal ini bisa berdampak baik terhadap lingkungan di masa depan supaya anak cucu kita bisa menghirup oksigen yang layak," katanya. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa setelah acara seremonial penanaman pohon, nantinya pohon durian akan ditanam oleh kelompok tani Wana Sasak Lestari.

Mereka adalah kelompok pengelola hutan yang sudah mendapat izin dari Dinas Kehutananan Provinsi NTB.

Baca juga:

Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Pemerintah Provinsi NTB Julmansyah menyambut baik inisiasi penanaman pohon yang dilakukan oleh BCA. 

"Kita punya program menuruni beban emisi sebesar 1 juta ton CO2 ekuivalen, serta mewujudkan ' NTB Net Zero Emisi 2050," kata Julmansyah saat acara seremonial penanaman pohon di area kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Selasa (29/11/2022).

Menurut Julamnsyah, program penanaman pohon durian yang dilakukan oleh BCA dinilai relevan dan dapat membantu menurunkan emisi karbon di NTB di masa depan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com