Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com – Tak terasa sebentar lagi tahun 2022 akan segera berakhir dan tandanya musim liburan akan segera datang. Sebagian dari kita mungkin sudah merencanakan untuk menghabiskan momen pergantian tahun dengan berlibur ke suatu tempat bersama keluarga.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, hampir waktu dihabiskan hanya berada di dalam rumah. Maka dari itu, liburan akhir tahun bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat akibat rutinitas selama satu tahun ke belakang.

Liburan tidak harus mahal ataupun pergi ke tempat wisata yang jauh. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankan dan seru dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Berikut tujuh alasan kenapa kamu harus berlibur #DiIndonesiaAja bersama keluarga pada akhir tahun nanti yang telah dirangkum oleh Kompas.com.

Baca juga: Liburan Musim Dingin di Swiss, Bisa Main Ski hingga Makan Cokelat

1. Banyak destinasi wisata, kuliner, hingga atraksi bisa ditemukan di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan, keindahan, serta sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah. Tak heran bila banyak turis datang ke Indonesia untuk belajar mengenai kebudayaan asli atau sekadar jalan-jalan melepas penat.

Di Indonesia, terdapat banyak tempat yang bisa dijelajahi, mulai dari wisata alam, seperti Danau Toba, pantai di Pulau Bali dan Lombok, Gunung Merapi di Jawa Tengah (Jateng), dan masih banyak lagi. Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan wisata sejarah dan edukasinya, mulai dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Selain menikmati keindahan alamnya dengan duduk bersantai di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmatinya sambil bermain di beberapa atraksi yang sudah disediakan, mulai dari arung jeram, panjat tebing, naik gunung, dan tentunya masih banyak lagi.

Setelah puas melihat pemandangan, rasanya tak lengkap apabila tidak menikmati wisata kulinernya. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia juga terkenal dengan wisata kuliner yang patut dicoba karena rasanya yang begitu menggoyang lidah.

Baca juga: 5 Tips Liburan Musim Dingin di Swiss, Belajar Ski dan Atur Biaya

Pasalnya, #DiIndonesiaAja memiliki banyak ragam makanan khas yang patut dicoba, mulai dari gudeg, rendang, bubur manado, kerak telor, ketoprak dan jajanan kekinian yang tengah populer di kalangan masyarakat.

2. Bantu pulihkan perekonomian lokal

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, pertumbuhan sektor pariwisata mengalami penurunan dan stagnasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+