Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 14:03 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tak terasa sebentar lagi tahun 2022 akan segera berakhir dan tandanya musim liburan akan segera datang. Sebagian dari kita mungkin sudah merencanakan untuk menghabiskan momen pergantian tahun dengan berlibur ke suatu tempat bersama keluarga.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, hampir waktu dihabiskan hanya berada di dalam rumah. Maka dari itu, liburan akhir tahun bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat akibat rutinitas selama satu tahun ke belakang.

Liburan tidak harus mahal ataupun pergi ke tempat wisata yang jauh. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankan dan seru dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Berikut tujuh alasan kenapa kamu harus berlibur #DiIndonesiaAja bersama keluarga pada akhir tahun nanti yang telah dirangkum oleh Kompas.com.

Baca juga: Liburan Musim Dingin di Swiss, Bisa Main Ski hingga Makan Cokelat

1. Banyak destinasi wisata, kuliner, hingga atraksi bisa ditemukan di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan, keindahan, serta sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah. Tak heran bila banyak turis datang ke Indonesia untuk belajar mengenai kebudayaan asli atau sekadar jalan-jalan melepas penat.

Di Indonesia, terdapat banyak tempat yang bisa dijelajahi, mulai dari wisata alam, seperti Danau Toba, pantai di Pulau Bali dan Lombok, Gunung Merapi di Jawa Tengah (Jateng), dan masih banyak lagi. Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan wisata sejarah dan edukasinya, mulai dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Selain menikmati keindahan alamnya dengan duduk bersantai di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmatinya sambil bermain di beberapa atraksi yang sudah disediakan, mulai dari arung jeram, panjat tebing, naik gunung, dan tentunya masih banyak lagi.

Setelah puas melihat pemandangan, rasanya tak lengkap apabila tidak menikmati wisata kulinernya. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia juga terkenal dengan wisata kuliner yang patut dicoba karena rasanya yang begitu menggoyang lidah.

Baca juga: 5 Tips Liburan Musim Dingin di Swiss, Belajar Ski dan Atur Biaya

Pasalnya, #DiIndonesiaAja memiliki banyak ragam makanan khas yang patut dicoba, mulai dari gudeg, rendang, bubur manado, kerak telor, ketoprak dan jajanan kekinian yang tengah populer di kalangan masyarakat.

2. Bantu pulihkan perekonomian lokal

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, pertumbuhan sektor pariwisata mengalami penurunan dan stagnasi.

Maka dari itu, dengan mulai melakukan perjalanan wisata #DiIndonesiaAja, kamu sekaligus membantu dalam memulihkan perekonomian lokal dan tentunya membantu melumasi roda perekonomian nasional.

Dengan demikian, beragam subsektor, mulai dari perhotelan, transportasi, dan industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat kembali tumbuh dan bergeliat.

Baca juga: 10 Alasan Wajib Coba Liburan ke Swiss Saat Musim Dingin

3. Liburan tanpa perlu keluar biaya banyak

Selain mempersiapkan destinasi liburan dan transportasi, mempersiapkan biaya juga menjadi salah satu tujuan yang paling penting sebelum pergi berlibur.

Banyak tempat wisata di Indonesia yang menyediakan berbagai spot wisata murah meriah, sehingga tidak membuat kantongmu kering. Terdapat berbagai pilihan tempat menginap dengan berbagai harga yang bisa disesuaikan dengan budget liburanmu.

Selain itu, #DiIndonesiaAja juga terdapat banyak destinasi wisata yang tak kalah dengan wisata di luar negeri yang tentunya dengan biaya yang lebih murah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com