Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 19:16 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki banyak spot untuk menikmati momen matahari tenggelam atau sunset.

Ada spot sunset pinggir pantai dan atas bukit. Salah satu tempat paling bagus untuk menikmati sunset di Labuan Bajo adalah di Puncak Watu Api. Tempat ini terletak di Desa Liang Dara, Kecamatan Mbeliling.

Dalam bahasa Manggarai, watu diartikan sebagai batu. Sedangkan api diartikan sebagai api. Jadi, secara harafiah, Puncak Watu Api berarti Bukit Batu yang menyala.

Baca juga: Kafe G20 Labuan Bajo, Sajikan Kuliner Flores dan Dekat Wisata Goa Batu Cermin

Belum diketahui siapa yang memberi nama lokasi tersebut. Namun, di lokasi yang berada di Trans Flores itu, terdapat batu besar yang dapat digunakan sebagai meja.

Banyak warga lokal dan wisatawan yang memanfaatkan lokasi itu untuk nongkrong atau rehat sejenak, melepas lelah setelah melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Ruteng menuju Labuan Bajo, begitu pula sebaliknya.

Puncak Watu Api itu hampir selalu ramai di sore hari. Wisatawan selalu berhenti sejenak di sana untuk bersantai sembari menikmati sunset dan ber-selfie. Ada pula warung kopi, sehingga pengunjung bisa sekalian ngopi.

Keindahan panorama di Puncak Watu Api

Di Puncak Watu Api itu juga, wisatawan bisa menyaksikan indahnya kota Labuan Bajo, serta gugusan Pulau Rinca dan Komodo yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Pemerintah Segera Buka Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo

Tidak terdapat pungutan atau retribusi bagi siapa pun yang ingin menikmati keindahan alam di Puncak Watu Api. Tetapi, terdapat kotak donasi untuk penjaga kebersihan demi keindahan lokasi wisata itu.

Wisatawan Nusantara sedang menikmati senja di Puncak Watu Api Melo, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, Kamis, (25/7/2019). Puncak Watu Api merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan matahari terbenam di pinggir jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Wisatawan Nusantara sedang menikmati senja di Puncak Watu Api Melo, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, Kamis, (25/7/2019). Puncak Watu Api merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan matahari terbenam di pinggir jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

"Saya bersama teman-teman tadi sengaja memang datang ke sini. Di sini tempatnya cocok untuk melepas penat di akhir pekan," kata seorang warga Labuan Bajo bernama Gecio Viana kepada Kompas.com di Puncak Watu Api, Sabtu (3/12/2022).

Menurut dia, panorama yang tersaji sangatlah bagus, apalagi saat sunset. Selain itu, udaranya juga segar.

Baca juga: View Point Parapuar, Lihat 360 Derajat Keindahan Labuan Bajo

Gecio melanjutkan, Puncak Watu Api menjadi satu spot yang sangat pas untuk melepas lelah bagi wisatawan yang menempuh perjalanan jauh baik dari Ruteng, Kabupaten Manggarai.

"Setiap kali lewat dari Ruteng juga, saya selalu istirahat di sini. Tempatnya bagus," imbuhnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+