Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 21:31 WIB

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ternyata mempunyai tempat wisata yang menyuguhkan keunikan fenomena alam.

Tempat wisata itu adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Sesuai namanya, tempat ini berupa bukit pasir yang menjulang tinggi di tepi laut.

Berada di sana, wisatawan seolah sedang berada di padang pasir Timur Tengah. Padahal, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ada di Kabupaten Bantul.

Baca juga: Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo, Lokasi Prewedding Kaesang-Erina

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini tepatnya berada di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono foto prewedding di Gumuk Pasir Parangkusumo.Instagram/@pemkabbantul Kaesang Pangarep dan Erina Gudono foto prewedding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sekitar 33 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo sebenarnya ada di sebelah barat dari Pantai Parangtritis yang sudah banyak dikenal orang.

Oleh karena itu jika ingin berkunjung ke sana, wisatawan cukup ikuti jalan utama dari Yogyakarta ke arah Pantai Parangtritis.

Baca juga: Candi Prambanan Masuk Yogyakarta atau Jawa Tengah, Simak Penjelasannya

Dari Perempatan Titik Nol Kilometer Yogyakarta di Malioboro, pertama ambil arah ke timur sampai Perempatan Taman Pintar.

Selanjutnya, belok kanan dan lurus terus sampai perempatan Pojok Beteng Wetan. Terus lurus di perempatan (agak serong kanan) masuk Jalan Parangtritis.

Selanjutnya, cukup mudah. Cukup lurus terus ikuti Jalan Parangtritis karena jalan ini langsung mengarah ke Pantai Parangtritis tanpa percabangan.

Setelah pos retribusi, Gumuk Pasir sudah terlihat di kanan jalan. Tinggalkan jalan utama ke Pantai Parangtritis dan belok kanan masuk ke Jalan Gumuk Pasir.

Baca juga: Festival Jogja Kota 2022 Kenalkan Potensi Budaya 4 Kemantren Yogyakarta

Adapun menuju Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dilakukan dengan kendaraan umum. Ada bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis dari Terminal Giwangan. Kamu bisa naik bus ini sampai kawasan Pantai Parangtritis dan jalan kaki ke Gumum Pasir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+