Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 13:04 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Menjelang hari pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono membagikan foto prewedding mereka melalui akun Instagram masing-masing.

Adapun pernikahan putra ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan digelar pada 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

Foto prewedding Kaesang-Erina mengambil latar belakang sejumlah tempat ikonik di Solo, Yogyakarta, dan Bogor. Selain itu, keduanya juga melaksanakan prewedding di dalam studio.

Baca juga: Sejarah Loji Gandrung di Kota Solo yang Jadi Tempat Ngunduh Mantu Kaesang

Daftar lokasi prewedding Kaesang-Erina 

Berikut daftar lokasi prewedding Kaesang-Erina seperti dirangkum Kompas.com.

1. Stadion Manahan, Solo 

Stadion Manahan menjadi venue pertandingan lima kesebelasan yang tergabung dalam grub A Piala Presiden 2022 pada Sabtu (11/6/2022) hingga Jumat (17/6/2022), mendatang.KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Stadion Manahan menjadi venue pertandingan lima kesebelasan yang tergabung dalam grub A Piala Presiden 2022 pada Sabtu (11/6/2022) hingga Jumat (17/6/2022), mendatang.

Foto prewedding Kaesang-Erina yang pertama kali dibagikan ke publik bertempat di Stadion Manahan Solo.

Informasi tersebut diketahui dari unggahan akun Instagram sang fashion stylist, Doley Tobing yang mencantumkan keterangan lokasi Stadion Manahan Solo.

Kaesang-Erina kompak memakai jersey bola berwarna merah dengan nomor punggung 10 dan 12 yang merupakan tanggal pernikahan mereka.

Stadion Manahan merupakan stadion kebanggan warga Solo dengan kapasitas hingga 25.000 penonton. Lokasinya berada di tengah kota, yaitu Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Banjarsari. 

Baca juga: Jam Buka Stadion Manahan Solo untuk Aktivitas Olahraga

Mengutip laman Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta, stadion ini diresmikan pada 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto. 

Dulunya, stadion ini merupakan lapangan pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran. Dalam perjalanannya, Stadion Manahan pernah menjadi lokasi penyelenggaraan event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara, yaitu ASEAN Para Games pada 2011.

Manahan juga menjadi rumah bagi sejumlah klub bola asal Kota Batik seperti Pelita Solo, Persijatim Solo FC, hingga Persis Solo. Lokasinya cukup strategis karena berdekatan dengan Stasiun Kereta Purwosari, Terminal Tirtonadi, hotel berbintang, dan pusat perbelanjaan. 

Baca juga: Sejarah Loji Gandrung di Kota Solo yang Jadi Tempat Ngunduh Mantu Kaesang

2. Istana Kepresidenan Bogor

Foto stok: Istana BogorKOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Istana Bogor

Lokasi prewedding Kaesang-Erina selanjutnya adalah Istana Kepresidenan Bogor.

Informasi ini juga diketahui dari unggahan sang fashion stylist, Doley Tobing yang mencantumkan keterangan lokasi Istana Kepresidenan Bogor.

Istana Bogor berada di pusat kota tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor.

Mengutip laman Kementerian Sekretariat Negara, Istana Kepresidenan Bogor bermula dari orang-orang Belanda yang mencari tempat peristirahatan di luar Batavia (kini Jakarta) lantaran dinilai terlalu panas dan ramai.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Istana Bogor, Tempat Para Menteri Family Gathering Bersama Jokowi

Pada 1745, Gubernur Jenderal van Imhoff (1745-1750) memerintahkan pembangunan sebuah pesanggrahan yang diberi nama Buitenzorg, artinya bebas masalah.

Pada masa penjajahan Belanda, Istana Kepresidenan Bogor berfungsi sebagai tempat peristirahatan. Namun, setelah masa kemerdekaan fungsinya berubah menjadi kantor urusan kepresidenan serta kediaman resmi presiden Indonesia.

Istana Kepresidenan Bogor memiliki 37 bangunan. Beberapa bagian Istana Bogor antara lain, gedung induk ruang teratai, gedung induk ruang garuda, pavilion sayap kiri dan kanan, enam pavilion lain, dan halaman.

Baca juga: Masuk ke Istana Bogor, Jangan Berani-berani Melanggar Hal Ini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+