Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 22:04 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

 

 

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja menjadi salah satu destinasi favorit untuk libur tahun baru 2023.

Agar libur tahun baru lebih seru, kunjungi tempat wisata hits di Jogja. Jadi, selain menikmati momentum libur tahun baru, kamu juga bisa menambah koleksi foto-foto yang instagramable.

Baca juga: 12 Event Wisata Unggulan Kota Yogyakarta Tahun 2023, Jangan Lewatkan

Berikut wisata tahun baru di Jogja yang hits seperti dirangkum Kompas.com

1. Jalan Malioboro

Pengunjung Malioboro wajib diminta untuk memindai barcode yang terpasang di beberapa titik.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Pengunjung Malioboro wajib diminta untuk memindai barcode yang terpasang di beberapa titik.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi Jalan Malioboro. Apalagi, jalan hits di Jogja tersebut memiliki wajah baru usai relokasi pedagang kaki lima (PKL).

Mengutip Kompas.com (6/2/2022), para PKL tidak lagi berjualan di area trotoar Malioboro. Sejak Selasa (1/2/2022), PKL Malioboro mulai menempati lokasi baru yang disiapkan pemerintah daerah yakni Teras Malioboro.

Nah, jika kamu penasaran seperti apa wajah baru Jalan Malioboro maka bisa berkunjung saat libur tahun baru. Jangan lupa untuk berfoto di ikon tulisan Jalan Malioboro.

Baca juga: Wisatawan Diupayakan Tidak Numpuk di Malioboro Saat Libur Nataru

2. Tugu Jogja 

Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.

Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih adalah ikon Kota Jogja. Lokasi hits ini ternyata memiliki makna sejarah berkaitan dengan Sri Sultan Hamangku Buwono I, seperti dikutip dari Kompas.com (21/2/2022).

Tugu memiliki nilai simbolis dan magis karena dianggap menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Fungsi lainnya adalah sebagai patokan arah saat Sri Sultan Hamangku Buwono I melakukan meditasi menghadap puncak Gunung Merapi.

Tugu Jogja mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Saat ini, Tugu dipercantik dengan bola-bola batu yang dipasang melingkar sebagai pagar. Banyak wisatawan menjadi lokasi Tugu Jogja sebagai tempat berburu foto cantik alias hunting foto.

Baca juga: 8 Kafe Dekat Tugu Jogja, Cocok buat Nongkrong

3. Taman Sari 

Taman Sari, YogyakartaShutterstock/Nuttaphong Kanchanachaya Taman Sari, Yogyakarta

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa mengunjungi wisata bersejarah. Salah satu wisata sejarah yang hits di kalangan wisatawan adalah Taman Sari.

Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta.  Secara administratif, Taman Sari masuk dalam wilayah Rukun Kampung Taman, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Dari Keraton Yogyakarta, wisatawan dapat menuju ke Taman Sari dengan berjalan kaki, naik becak, andong, dan kendaraan lainnya. Spot foto instagramable di Taman Sari adalah antara lain kolam air atau Pasiraman Umbul Winangun, gerbang, dan tangga. 

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja Terbaru 

4. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi.SHUTTERSTOCK/ADITYA_FRZHM Lava Tour Merapi.

Lava Tour Merapi adalah jenis wisata adventure yang hits di kalangan wisatawan. Para pengunjung akan diajak lereng Gunung Merapi serta bekas aliran lahar dingin menggunakan mobil jeep.

Dalam perjalanan, wisatawan juga akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata. Mengutip Kompas.com (2/6/2021), terdapat tiga paket tour yang dapat dipilih oleh wisatawan. Meliputi, paket short route, paket medium route, dan paket long route.

Adapun tempat wisata yang disinggahi selama rute perjalanan antara lain Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, bekas rumah Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo, dan sebagainya.

5. Stonehenge Merapi

Stonehenge yang ada di Sleman, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Stonehenge yang ada di Sleman, Yogyakarta.

Jika ingin berfoto di batuan Stonehenge, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Inggris. Sebab, ada wisata Stonehenge Merapi yang merupakan replika Stonehenge di Inggris.

Stonehenge Merapi merupakan salah satu destinasi hits Jogja di kalangan wisatawan. Lokasinya berada dalam kompleks wisata The Lost World Castle.

Konsep dari tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang, seperti dikutip dari Kompas.com (28/2/2022).

The Lost World Castle juga menyediakan berbagai wahana permainan seru yang dapat dicoba oleh anak-anak maupun dewasa. Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: Tak Perlu ke Inggris, Stonehenge Juga Ada di Lereng Merapi

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+