Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 20:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah peristiwa di Indonesia menjadi perhatian pembaca kanal Travel di Kompas.com, khususnya selama periode dari hari Minggu (4/12/2022) hingga Rabu (7/12/2022).

Setelah pertengahan November 2022 lalu terjadi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, tidak lama setelahnya tepatnya pada Minggu (4/12/2022) terjadi erupsi awan panas guguran di Gunung Semeru. Artikel soal dampak erupsi tersebut pun menjadi populer di kalangan pembaca.

Baca juga:

Selain peristiwa bencana alam, pembaca kanal Travel juga meminati topik seputar pembukaan tempat wisata baru dan pengalaman berkendara ke kawasan Sarangan di Magetan, Jawa Timur. 

Berita populer di kanal Travel Kompas.com

1. Dampak erupsi Gunung Semeru terhadap tempat wisata

Pada Minggu (4/12/2022), Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi awan panas guguran yang meluncur hingga ke Jembatan Gladak Perak di Kecamatan Candipuro. 

Salah satu tempat wisata yang aman dari erupsi tersebut adalah Desa Wisata Ranu Pani yang berada di sebelah utara Gunung Semeru. Desa ini juga menjadi salah satu gerbang pendakian ke Gunung Semeru.

Baca juga: Erupsi Semeru 4 Desember 2022, Desa Wisata Ranu Pani Aman

2. Pengalaman berkendara di Sarangan, Magetan

Indahnya Jalan lintas Cemara Sewu-Magetan, Jawa Timur.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Indahnya Jalan lintas Cemara Sewu-Magetan, Jawa Timur.

Wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, diimbau untuk berhati-hati terutama bila mengendarai moda transportasi darat, salah satunya bus.

Hal ini karena jalan yang ada terdiri dari tanjakan dan turunan sehingga pengemudi wajib memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, khususnya terkait rem. 

Baca juga: Kondisi Jalan Cemara Sewu ke Sarangan, Magetan, Awas Rawan Rem Blong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com