Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Transportasi ke Museum Katedral Jakarta, Berhenti di Stasiun Juanda

Kompas.com - 09/12/2022, 07:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Katedral Jakarta sudah dibuka kembali pada 5 Juli 2022 lalu, sejak penutupan sementara tahun 2020 akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Museum ini bisa dikunjungi oleh siapa pun baik umat katolik atau agama lainnya, tanpa dikenakan biaya.

"Sejak diresmikan pada 28 April 1991, museum memang dibuka untuk umum, tanpa biaya masuk," kata Kepala Museum Katedral Jakarta sekaligus Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Baca juga:

Museum yang berada persis di belakang gereja Katedral Jakarta, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat itu menyimpan ratusan koleksi yang menjadi saksi masuknya agama Katolik Roma ke Tanah Air.

Beberapa koleksi ikonik di antaranya ada koper-koper kuno milik misionaris saat menyebarkan agama katolik, aneka koleksi buku tua, dan arsip paduan suara yang pertama kali bernyanyi di gereja ini pada tahun 1901.

Relikwi dalam liontin yang berisi beberapa potongan benda suci peninggalan para tokoh suci yang mati martir, salah satunya adalah potongan tulang dari tokoh bernama Santo Petrus.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Relikwi dalam liontin yang berisi beberapa potongan benda suci peninggalan para tokoh suci yang mati martir, salah satunya adalah potongan tulang dari tokoh bernama Santo Petrus.

Selain itu, pada lantai dua, pengunjung bisa melihat beragam benda suci (relikwi) peninggalan orang-orang suci yang mati martir atau orang yang mati dalam memperjuangkan kebenaran agama.

Benda suci ini ada yang dalam bentuk potongan tulang sebagai relikwi tingkat satu.

Baca juga: Serba-serbi Jelang Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Jemaat Bisa Parkir di Masjid Istiqlal

"Itu kotak timah hitam, isinya potongan tulang milik para martir, namanya Santo Petrus dan itu sempat ditanam di bawah altar gereja pertama Katedral," tutur Susy.

Ada pula dari potongan benda sehari-hari yang sering dikenakan para tokoh suci, seperti potongan baju yang ditaruh dalam liontin, disebut sebagai relikwi tingkat dua.

Panduan transportasi dan jam buka Museum Katedral Jakarta

Museum Katedral berada persis di belakang Gereja Katedral Jakarta. Sedangkan gereja Katedral lokasinya persis di seberang Masjid Istiqlal, dan berjarak sekitar 600 meter saja dari Stasiun Juanda.

Adapun cara termudah menuju Gereja Katedral ialah menggunakan commuter line, dengan sejumlah opsi berikut:

  • Jika menggunakan commuterline (KRL) dari Stasiun Jakarta Kota, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai, atau tujuan Stasiun Bogor. Lalu turun di Stasiun Juanda.
  • Jika berangkat dari Stasiun Bogor, bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota, dan berhenti di Stasiun Juanda.
  • Jika berangkat dari Stasiun Bekasi, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Kemudian dari Stasiun Manggarai lanjutkan naik KRL ke Stasiiun Juanda.
  • Jika berangkat dari Stasiun Tangerang, bisa transit dulu di Stasiun Duri, dari Stasiun Duri naik KRL lagi menuju Stasiun Manggarai.

Lalu dari Stasiun Manggarai lanjutkan naik KRL ke arah Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda.

Setelah sampai di Stasiun Juanda, kamu bisa berjalan kaki sekitar 600 meter menuju Gereja Katedral, yang berada persis di seberang Masjid Istiqlal.

Baca juga: 5 Fakta Katedral Saint Sophia dan Biara Pechersk Lavra di Kiev, Ukraina

Selanjutnya, saat tiba di pos depan gereja, kamu bisa menyampaikan tujuan kepada satpam yang bertugas, bahwa ingin berkunjung ke museum.

Jam buka Museum Katedral Jakarta

Lalu untuk jam buka, Museum Katedral Jakarta buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional.

Pengunjung di Museum KatedralKompas.com / Gabriella Wijaya Pengunjung di Museum Katedral

Pada hari Selasa sampai Sabtu, museum buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Sedangkan pada Hari Minggu, museum akan buka mulai pukul 12.30-16.00 WIB. 

Susy juga menyampaikan bahwa menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, museum akan ditutup sementara waktu.

Baca juga: Peti Mati Kuno di Bawah Katedral Notre Dame Paris Akan Dibuka

"Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, kemungkinan museum akan kita tutup dari minggu kedua Desember ini, sampai perkiraan buka mungkin pada minggu kedua Januari tahun depan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com