Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 09:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Berwisata ke Kota Bandung bisa menjadi alternatif kegiatan untuk menyambut pergantian tahun. Bukan rahasia lagi, ibu kota Jawa Barat ini memilikii banyak destinasi wisata.

Jika kamu ingin menikmati libur tahun baru di pusat kota Bandung, ada sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Wisata di Kota Bandung bisa menjadi pilihan jika wisatawan ingin menikmati suasana perkotaan atau city tour. 

Selain di Kota Bandung, obyek wisata tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, seperti Lembang, Cisarua, Ciwidey, Pangalengan, Rancabali, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Tempat Nobar Piala Dunia 2022 di Bandung yang Resmi 

Tempat wisata tahun baru di Kota Bandung

Kompas.com telah merangkum sejumlah tempat wisata tahun baru di Kota Bandung.

1. Jalan Braga 

Tampak Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalan Braga. Iklim kemarau di Kota Bandung menjadikan Bunga Tabebuya bermekaran, hal ini menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Tampak Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalan Braga. Iklim kemarau di Kota Bandung menjadikan Bunga Tabebuya bermekaran, hal ini menjadi daya tarik wisata di Kota Bandung.

Siapa yang tidak kenal Jalan Braga? Jalan Braga merupakan ikon Kota Bandung yang sangat historis.

Mengutip Kompas.com (6/6/2017), daya tarik sepanjang 900 meter ini adalah deretan bangunan peninggalan Belanda. Sebagaian bangunan bergaya arsitektur art deco masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Wisatawan yang melintas Jalan Braga bisa menemukan banyak spot foto instagramable bertemu bangunan kolonial. Selain itu, banyak kafe dan kedai kopi enak di sepanjang jalan.

Jalan Braga membentang dari pertigaan Jalan Asia Afrika-Jalan Braga sampai ke perempatan Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Braga.

Baca juga: 5 Spot Instagenic di Jalan Braga

2. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan salah satu ikon Kota Bandung. Dok. Shutterstock / By Rusdiar Gedung Sate merupakan salah satu ikon Kota Bandung.

Selain Jalan Braga, Gedung Sate juga merupakan salah satu ikon wisata Kota Bandung.

Mengutip Kompas.com (20/1/2020), Gedung Sate dibangun pada 1924, namun masih kokoh hingga saat ini. Selain berfungsi sebagai kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate menyediakan ruangan museum di lantai dasar. 

Pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi seni seperti batu kali, batu gelas, dan baja Swedia yang digunakan untuk membangun Gedung Sate. Adapula permainan augmented reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate. 

Lokasinya berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kota Bandung.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bandung Dekat Gedung Sate, Mampir ke Braga

3. Museum Konferensi Asia Afrika 

Museum Konferensi Asia Afrika.Dok. Kemlu.go.id Museum Konferensi Asia Afrika.

Masyarakat bisa mengisi libur tahun baru 2023 dengan mengunjungi tempat bersejarah di Kota Bandung, salah satunya Museum Konferensi Asia Afrika.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto saat konferensi internasional itu digelar di Indonesia

Ikon dari Museum Konferensi Asia Afrika adalah tiang bendera berjajar di depan gedung yang mewakili anggota peserta konferensi. 

Ada pula ruang pameran, diorama, dan ruang audio visual yang bisa dikunjungi wisatawan. Museum ini berada di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.

4. Kiara Artha Park

Ilustrasi Kiara Artha Park, Bandung.
SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi Kiara Artha Park, Bandung.

Kiara Artha Park merupakan obyek wisata yang berkonsep taman kota. Mengutip dari Kompas.com (22/7/2022), terdapat banyak spot foto instgramable di Kiara Artha Park.

Salah satu daya tarik Kiara Artha Park adalah atraksi air mancur menari alias dancing fountain. Adapula sejumlah wahana yang bisa dinikamti pengunjung antara lain trampolin, pipa climbing, perosotan, wall climbing, ninja warrior, dan sebagainya. 

Pengunjung juga bisa bersantai menikmati libur tahun baru 2023. Lokasi Kiara Artha Park berada di Jalan Banten, Kebonwaru, Batununggal, Kota Bandung. 

Baca juga: 5 Hotel Murah di Bandung untuk Tahun Baruan, Cuma Rp 100.000-an

5. Taman Balai Kota Bandung

Ilustrasi Taman Balai Kota Bandung, salah satu tempat wisata dekat dengan pusat Kota Bandung, Jawa Barat.Dok. SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Ilustrasi Taman Balai Kota Bandung, salah satu tempat wisata dekat dengan pusat Kota Bandung, Jawa Barat.

Taman Balai Kota Bandung bisa menjadi alternatif wisata ramah kantong. Taman ini berada di ebelah selatan Balai Kota Bandung. 

Taman Balai Kota Bandung terdiri dari dua taman yang menyatu, yaitu Taman Dewi Sartika dan Taman Badak. 

Mengutip laman PPID Kota Bandung, kedua taman tersebut baru selesai direnovasi pada 2017 lalu. Taman Dewi Sartika dibangun seluas 4.390 meter persegi, dengan ikon patung Dewi Sartika yang diletakkan di atas pilar monumen.

Sementara itu, Taman Badak dibangun seluas 870 meter persegi  dilengkapi dengan kolam dangkal dan tempat bermain anak. Selain itu, taman tersebut juga dilengkapi dengan plaza dan taman hewan seperti  burung hias, ayam hias, dan kelinci.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+