Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 12:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pendopo Agung di Hotel Royal Ambarrukmo akan menjadi lokasi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan pasangannya Erina Gudono, pada Sabtu (10/12/2022).

Hotel Royal Ambarrukmo terletak di tengah-tengah antara hotel Royal Ambarrukmo dan Plaza Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga:

Tepatnya berada di Jalan Laksda Adisucipto nomor 81, Ambarrukmo, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Bukan sembarang tempat, Royal Ambarrukmo rupanya masih merupakan milik keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sejarah Hotel Royal Ambarrukmo

Sebagai peninggalan penting sejak abad ke-18, Royal Ambarrukmo merupakan bangunan bersejarah yang hingga saat ini masih terjaga keasliannya.

Pelakat Pendopo Agung Ambarrukmo terpasang di depan bangunan.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Pelakat Pendopo Agung Ambarrukmo terpasang di depan bangunan.

Bahkan, bangunan itu telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dengan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM.25/PW.007/MKP/2007, seperti dilansir dari Kemdikbud.go.id, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Daftar Lokasi Prewedding Kaesang-Erina, Ada Gumuk Pasir Parangkusumo

Adapun Royal Palace Residence pertama kali dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono VI antara tahun 1857-1849. Kawasan tersebut dikenal dengan nama Pesanggrahan Arjopurno yang artinya keselamatan atau kesejahteraan.

Pada masa itu, Royal Ambarrukmo merupakan tempat singgah para sultan sekaligus tempat menyambut tamu-tamu penting sebelum menuju ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Lalu pada 1897, Pesanggrahan tersebut direnovasi oleh Pangeran Mangkubumi atas perintah Raja Hamengkubuwono VII, kemudian beralihfungsi menjadi rumah kediaman saat HB VII turun tahta hingga wafat pada 1941.

Baca juga: Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Ini 5 Fakta Loji Gandrung Solo

Sejak saat itu, namanya diganti menjadi Pesanggrahan Ambarrukmo yang artinya keluhuran atau kemuliaan yang harum.

Pendopo Agung Royal Ambarrukmo YogyakartaKompas.com/Markus Yuwono Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Pangeran Hangabehi (Kepala Kori) Keraton kemudian mendapat perintah dari Sultan Hamengku Buwono VII untuk mempersiapkan kepindahannya ke Pesanggrahan Ambarrukmo, dikutip dari Kompas.com (9/12/2022).

Setelah Sultan Hamengku Buwono VII pensiun, ia menetap di pesanggrahan ini bersama permaisuri GKR Kencana. Ambarrukmo pun dianggap sebagai "Kedaton" yang artinya Royal Palace atau tempat kediaman raja.

Baca juga: 6 Fakta Pura Mangkunegaran, Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Sebagai Residance Palace Royal, kawasan tersebut adalah miniatur istana utama Sultan dan memiliki elemen paviliun dekoratif, halaman, gerbang, pohon yang sama dengan keraton.

Digunakan untuk beberapa kegiatan penting

Sementara itu, Pendopo Agung Ambarrukmo juga pernah berfungsi menjadi tempat fasilitas publik lain.

Pendopo Agung Ambarrukmo. Dok. Royal Ambarrukmo Pendopo Agung Ambarrukmo.

Kompleks ini kemudian digunakan sebagai tempat Pendidikan Inspektur Polisi Republik Indonesia pada tahun 1940-1950.

Selanjutnya, difungsikan sebagai Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman saat KRT Pringgodiningrat sebagai Bupati Sleman sampai tahun 1964.

Baca juga:

Lalu pada tahun 1957, di sisi timurnya dibangun Hotel Ambarukmo, dan pada 1966 hotel ini pertama kali dibuka sebagai hotel mewah pertama di Yogyakarta. 

Selain hotel berbintang, pihak Keraton Yogyakarta juga membangun pusat perbelanjaan di sana karena lokasinya yang strategis.

Adapun komplek Kedhaton Ambarrukmo terdiri dari beberapa area, di antaranya ada Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Pacaosan, dan Alun-Alun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com