Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 13:10 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Naik kapal penyeberangan jadi salah satu alternatif transportasi untuk libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 nanti.

Untuk itu agar perjalanan lancar, baiknya calon penumpang perlu menyimak sejumlah tips yang dibagikan oleh ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) Indonesia Ferry, berikut:

Baca juga:

5 Tips naik kapal penyeberangan saat libur Nataru 2022/2023

Berikut ini adalah 5 tips naik kapal penyeberangan saat momen libur Natal 2022 dan Tahun baru 2023:

1. Beli tiket jauh-jauh hari

ASDP mengimbau masyarakat yang akan menggunakan moda penyeberangan ini untuk membeli tiket jauh-jauh hari secara mandiri sebelum waktu keberangkatan.

Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)

Adapun pembelian tiket sudah bisa dilakukan mulai 60 hari sebelum jadwal bepergian calon penumpang, melalui sejumlah gerai, termasuk laman www.ferizy.com, aplikasi Ferizy, serta sales channel Ferizy yaitu Alfamart, Indomaret, AgenBRILink, dan Agen Finpay (Delima Point).

2. Isi data lengkap penumpang dan kendaraan

Saat pembelian tiket, isilah data penumpang dan kendaraan secara lengkap dan tepat sesuai kartu identitas.

"Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya," imbau Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Tarif Kapal Ferry Merak-Bakauheni Terbaru

Kata Shelvy, data-data itu penting untuk manifes, yang mana terdapat hak asuransi setiap penumpang, sekaligus guna memperlancar proses perjalanan calon penumpang.

3. Check-in paling tidak dua jam sebelum waktu masuk pelabuhan

Calon penumpang diimbau agar check-in dua jam sebelum waktu masuk pelabuhan, agar tidak terlambat.

"Pengguna jasa yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari-H agar tidak terlambat dan melakukan check-in dua jam sebelumnya. Tiket akan expired (kedaluwarsa) jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan," tutur Shelvy.

KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.

Sebagai informasi, apabila calon penumpang yang tiba di pelabuhan belum memiliki tiket, maka kendaraan akan diminta putar-balik ke luar pelabuhan.

4. Pastikan syarat vaksinasi Covid-19 terpenuhi

ASDP juga mengingatkan pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry wajib memenuhi ketentuan persyaratan menyeberang, sesuai Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 dan berlaku sejak 25 Agustus 2022.

Syarat vaksinasi Covid-19 bagi calon penumpang kapal mencakup, seluruh calon penumpang usia 18 tahun ke atas wajib memiliki sertifikat vaksin dosis ketiga atau booster sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: 13 Hewan Tak Biasa yang Pernah Dibawa Penumpang ke Kabin Pesawat, Tarantula sampai Merak

Lalu, calon penumpang usia 6-17 tahun wajib memiliki sertifikat vaksin dosis kedua. Sedangkan calon penumpang usia di bawah 6 tahun wajib didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya, apabila calon penumpang belum divaksin atau memiliki kondisi kesehatan khusus, atau penyakit komorbid, maka harus melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

5. Hubungi Contact Center ASDP jika butuh bantuan

Bila ada hal-hal yang memerlukan bantuan, calon penumpang bisa segera menghubungi petugas di lapangan, atau ke Contact Center ASDP 191 yang bertugas selama 24 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com