Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 15:02 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali mengingatkan calon penumpang kapal ferry untuk mematuhi sejumlah syarat perjalanan jelang periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Adapun pelayanan Posko Angkutan Penyeberangan periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang dapat terlaksana terhitung mulai tanggal 17 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023.

Baca juga:

"Diperkirakan, pada layanan Nataru di 10 lintasan pada 12 cabang terpantau nasional, ASDP akan melayani sekitar 3,45 juta orang dan 808.000 unit kendaraan," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (6/12/2022).

Adapun 10 lintasan terpantau nasional itu termasuk Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Hunimua-Waipirit, Tanjung Kelian-Tanjung Api-api, Bitung-Ternate, Bajoe-Kolaka, Kupang-Rote, dan Ajibata-Ambarita.

Syarat naik kapal ferry untuk periode Nataru 2022/2023

Berikut sejumlah syarat naik kapal ferry untuk periode Nataru 2022/2023.

1. Ketentuan vaksinasi Covid-19

Sesuai Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 dan berlaku sejak 25 Agustus 2022, seluruh calon penumpang usia 18 tahun ke atas wajib memiliki sertifikat vaksin dosis ketiga atau booster sebelum melakukan perjalanan.

Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.

Lalu, calon penumpang usia 6-17 tahun wajib memiliki sertifikat vaksin dosis kedua. Sedangkan calon penumpang usia di bawah 6 tahun, wajib didampingi orang yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya apabila calon penumpang belum divaksin atau memiliki kondisi kesehatan khusus, atau penyakit komorbid, mereka harus melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

2. Beli tiket dari jauh-jauh hari

ASDP mengimbau masyarakat yang akan menggunakan moda penyeberangan ini, untuk membeli tiket jauh-jauh hari secara mandiri sebelum waktu keberangkatan.

"Idealnya seluruh pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," ujar Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.

Baca juga: 5 Tips Naik Kapal Saat Libur Nataru, Check-in 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Sebagai informasi, tiket kapal ferry sudah bisa dibeli sejak 60 hari sebelum jadwal keberangkatan calon penumpang, melalui sejumlah gerai.

Termasuk website www.ferizy.com, aplikasi Ferizy, serta sales channel Ferizy yaitu Alfamart, Indomaret, AgenBRILink, dan Agen Finpay (Delima Point).

3. Isi data lengkap penumpang dan kendaraan

Saat pembelian tiket, isilah data penumpang dan kendaraan secara lengkap dan tepat sesuai kartu identitas.

KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA KMP Siginjai, Kapal Ferry Jepara-Karimunjawa.

"Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya," imbau Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Kata Shelvy, data-data itu penting untuk manifes karena terdapat hak asuransi setiap penumpang, sekaligus guna memperlancar proses perjalanan calon penumpang.

4. Check-in paling tidak dua jam sebelum waktu masuk pelabuhan

Calon penumpang diimbau agar check-in 2 jam sebelum waktu masuk pelabuhan, agar tidak terlambat.

"Pengguna jasa yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari-H agar tidak terlambat dan melakukan check-in dua jam sebelumnya. Tiket akan expired (tidak berlaku) jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan," tutur Shelvy.

Sebagai informasi, apabila calon penumpang yang tiba di pelabuhan belum memiliki tiket, maka kendaraan akan diminta putar-balik ke luar pelabuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com