Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 15:02 WIB

KOMPAS.com -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali mengingatkan calon penumpang kapal ferry untuk mematuhi sejumlah syarat perjalanan jelang periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Adapun pelayanan Posko Angkutan Penyeberangan periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang dapat terlaksana terhitung mulai tanggal 17 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023.

Baca juga:

"Diperkirakan, pada layanan Nataru di 10 lintasan pada 12 cabang terpantau nasional, ASDP akan melayani sekitar 3,45 juta orang dan 808.000 unit kendaraan," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (6/12/2022).

Adapun 10 lintasan terpantau nasional itu termasuk Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Hunimua-Waipirit, Tanjung Kelian-Tanjung Api-api, Bitung-Ternate, Bajoe-Kolaka, Kupang-Rote, dan Ajibata-Ambarita.

Syarat naik kapal ferry untuk periode Nataru 2022/2023

Berikut sejumlah syarat naik kapal ferry untuk periode Nataru 2022/2023.

1. Ketentuan vaksinasi Covid-19

Sesuai Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 dan berlaku sejak 25 Agustus 2022, seluruh calon penumpang usia 18 tahun ke atas wajib memiliki sertifikat vaksin dosis ketiga atau booster sebelum melakukan perjalanan.

Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.

Lalu, calon penumpang usia 6-17 tahun wajib memiliki sertifikat vaksin dosis kedua. Sedangkan calon penumpang usia di bawah 6 tahun, wajib didampingi orang yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya apabila calon penumpang belum divaksin atau memiliki kondisi kesehatan khusus, atau penyakit komorbid, mereka harus melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

2. Beli tiket dari jauh-jauh hari

ASDP mengimbau masyarakat yang akan menggunakan moda penyeberangan ini, untuk membeli tiket jauh-jauh hari secara mandiri sebelum waktu keberangkatan.

"Idealnya seluruh pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya, karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," ujar Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.

Baca juga: 5 Tips Naik Kapal Saat Libur Nataru, Check-in 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+