Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampung Wisata di Yogyakarta Diusulkan Ikut ADWI 2023

Kompas.com - 11/12/2022, 14:00 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Lima kampung wisata unggulan di Yogyakarta akan diusulkan untuk maju dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023).

Lima kampung wisata tersebut antara lain Warungboto, Cokrodiningratan, Prenggan, Tahunan, dan Purbayan.

Dikutip dari Tribun Travel, kelimanya adalah kampung wisata yang mendapatkan nilai terbaik di tingkat kota melalui program pendampingan menuju ADWI 2023.

"Kami coba terus-menerus dampingi, biar siap. Baik dari sisi dokumen atau sarana prasarana fisik di lapangan. Pasalnya, Kemenparekraf ke depan juga meneliti kecocokan fakta di lapangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, seperti dikutip dari Tribun Travel.

Baca juga: 20 Wisata Tahun Baru Yogyakarta yang Hits, Banyak Tempat Instagramable

Ia menambahkan, kelima kampung wisata tersebut memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing, tidak hanya dari kegiatan wisata, tetapi juga fesyen, kuliner, dan budaya.

Kampung Wisata Warungboto, misalnya, memiliki Situs Warungboto sebagai ikon wisata kampung tersebut.

Dikutip dari situs Kelurahan Warungboto yang dikelola Pemerintah Kota Yogyakarta, Situs Warungboto dulunya merupakan pesanggrahan raja dan keluarganya yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II sejak masih menjadi pangeran dengan nama Pangeran Rejakusuma. Saat itu, situs tersebut menjadi tempat istirahat dan benteng pertahanan dari sisi timur Keraton Ngayogyakarta.

Kini, banyak wisatawan mampir ke Situs Warungboto untuk berfoto-foto dengan arsitekturnya yang khas dan unik.

Baca juga: 12 Event Wisata Unggulan Kota Yogyakarta Tahun 2023, Jangan Lewatkan

Meski demikian, Warungboto sebetulnya memiliki kegiatan wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dijajal, khususnya wisata berbasis edukasi untuk wisatawan minat khusus.

"Potensi pariwisata kami kemas dalam sebuah paket wisata, antara lain pelatihan daur ulang sampah, hingga pewarnaan kain shiori. Nah, itu kami andalkan, ya, untuk menarik wisatawan," tutur Ketua Pengelola Kampung Wisata Warungboto, Tri Widodo Purnomo.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com