Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Asing Senang Kampung Todo di NTT Pertahankan Warisan Leluhur

Kompas.com - 12/12/2022, 19:17 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

RUTENG, KOMPAS.com - Kampung Adat Todo di Desa Todo, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu destinasi wisata favorit di kalangan penyuka wisata kampung-kampung tradisional.

Letak kampung tersebut tepatnya ada di Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai.

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Salah satu yang menonjol adalah Niang Todo, yakni rumah tradisional suku asli di Kampung Todo yang berbentuk kerucut dan beratap jerami.

Tidak hanya didatangi wisatawan domestik, wisatawan mancanegara dari sejumlah negara turut mampir ke kampung adat ini. Seperti Harali, wisatawan asal Jerman yang beberapa waktu lalu berkunjung ke sana.

Ia mengunjungi tempat itu ditemani seorang pemandu dari Maumere bernama Chen Chabarezy.

Baca juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT, Masih Asri untuk Dijelajahi

Chen menuturkan, salah satu hal yang berkesan untuk Haral adalah bagaimana masyarakat Kampung Adat Todo telah melestarikan adat istiadat kampung mereka hingga kini. Termasuk rumah adatnya yang begitu ikonik.

"Kesananya dia bangga dengan masyarakat kampung Todo yang sampai sekarang masih melestarikan dan mempertahankan budaya warisan leluhur mereka," kata Chen saat ditemui di Ruteng, Minggu (11/12/2022).

Suasana rumah adat Mbaru Niang atau Rumah Niang di Desa Adat Todo, Kecamatan Satarmese, Manggarai, Pulau Flores, NTT, Rabu (29/11/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana rumah adat Mbaru Niang atau Rumah Niang di Desa Adat Todo, Kecamatan Satarmese, Manggarai, Pulau Flores, NTT, Rabu (29/11/2018).

Chen mengatakan, Haral berharap masyarakat setempat terus menjaga kelestarian Kampung Adat Todo. Sebab, ia memandang kampung adat itu memiliki keunikan yang asli, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Baca juga: Wisata di Kota Bajawa NTT, Bisa ke Mana Saja?

Penerimaan hangat masyarakat setempat juga menjadi hal yang begitu berkesan baginya.

"Masyarakat sangat ramah atau friendly menerima tamu yang datang dan melayani dengan santun serta serta mampu menceritakan kampung ini dengan baik dan sempurna," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain itu, Haral juga berharap masyarakat tetap mampu menjaga bersihan di sana. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com