Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wulan Kapitu, Kaldera Tengger Bromo Ditutup untuk Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 13/12/2022, 17:26 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Kaldera Tengger Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan ditutup sementara bagi kendaraan bermotor mulai Jumat (23/12/2022), sehubungan dengan berlangsungnya tradisi Wulan Kapitu oleh masyarakat tengger.

"Penutupan dilakukan dalam rangka menghormati adat dan budaya masyarakat tengger selama Wulan Kapitu," kata Kepala Balai Besar TNBTS Hendro Widjanarko dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (9/12/2022).

Baca juga:

Informasi ini juga tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) pada Jumat (9/12/2022) tentang Pembatasan Kunjungan Wisata Alam dan Kegiatan Masyarakat pada Wulan Kapitu 2023.

 

Dalam pengumuman tersebut dimuat sejumlah poin penting, meliputi:

  • Penutupan dilakukan pada awal Wulan Kapitu, dari hari Jumat (23/12/2022) mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan hari Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB, penutupan bagi kendaraan bermotor kecuali kedaruratan.
  • Penutupan juga dilakukan pada akhir Wulan Kapitu, mulai Sabtu (24/1/2023) pukul 18.00 WIB hingga Minggu (22/1/2023) pukul 18.00 WIB.

Pada periode tersebut, kendaraan bermotor hanya diperkenankan melintas sampai ke beberapa titik saja.

Rinciannya, dari arah Pasuruan batas maksimal di Pakis Bincil, lalu arah Probolinggo batasnya sampa Cemorolawang.

Baca juga: Mobil Masuk Lautan Pasir Bromo Bikin Polemik, TNBTS Akan Kaji Ulang

Sementara itu, dari arah Malang dan Lumajang, batas maksimal sampai Jemplang.

Lebih dari titik tersebut, wisatawan dipersilakan untuk berjalan kaki, sewa tandu, naik sepeda, atau naik kuda (wajib menggunakan kantung kotoran kuda).

Adapun beberapa obyek wisata alam yang dapat dikunjungi dengan kendaraan bermotor, antara lain Penanjakan, Bukit Kedaluh/Kingkong, dan Bukit Cinta.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat memastikan, bahwa obyek daya tarik wisata TNBTS tetap buka seperti biasa dan penutupan ini hanya berlaku bagi kendaraan bermotor saja.

Baca juga: Rute ke Seruni Point, Spot Panorama Unggulan di Gunung Bromo

"Wisatawan tetap bisa berkunjung ke Bromo (Kaldera Bromo) dan sebagainya, hanya saja tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor," kata Sarif Hidayat saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Sebgai informasi, Wulan Kapitu atau bulan ketujuh dalam kalender masyarakat tengger adalah bulan yang dianggap suci oleh sesepuh atau tokoh masyarakat tengger.

Baca juga: 4 Pintu Masuk ke Gunung Bromo, Ketahui Sebelum Datang

Selama satu bulan di bulan ini, para sesepuh tengger akan melakukan "laku puasa mutih," guna menahan perilaku atau sifat keduniawian serta lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com